Juni 15, 2024
Home » cara melihat ukuran di canva

Contents

Pendahuluan

Salam Sobat Dengtutor.id! Apakah kamu sering menggunakan Canva untuk membuat desain grafis yang menarik? Jika iya, pasti kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengetahui ukuran gambar yang sedang kamu buat. Tenang, kamu tidak sendirian! Di artikel ini, kami akan berbagi denganmu cara melihat ukuran di Canva secara lengkap. Jadi, jika kamu penasaran dan ingin tahu caranya, baca terus artikel ini sampai selesai!

1. Melalui Ruler

Canva telah menyediakan fitur ruler yang akan memudahkanmu melihat ukuran gambar yang sedang kamu buat. Ruler ini terletak di sebelah kiri dan atas layar Canva. Dengan menggunakan ruler ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui ukuran dan posisi objek yang sedang kamu desain.

2. Fitur Info Gambar (Image Info)

Canva juga telah menyediakan fitur khusus yang disebut Info Gambar (Image Info). Fitur ini akan memberikanmu informasi detail mengenai ukuran gambar yang sedang kamu buat. Untuk mengakses fitur ini, klik dua kali pada gambar yang ingin kamu lihat ukurannya, kemudian pilih opsi “Info Gambar”.

3. Penggunaan Keyboard Shortcut

Bagi kamu yang ingin trik cepat dan praktis, kamu dapat menggunakan keyboard shortcut untuk melihat ukuran di Canva. Tekan tombol “Ctrl” + “Alt” + “I” (untuk pengguna Windows) atau tombol “Cmd” + “Option” + “I” (untuk pengguna Mac) pada keyboardmu, maka akan muncul panel info yang berisi ukuran gambar.

4. Menggunakan Guidelines

Guidelines merupakan salah satu fitur di Canva yang akan membantumu dalam mengukur ukuran gambar. Dengan menggunakan guidelines ini, kamu dapat mengetahui ukuran dan jarak antara objek-objek di desainmu. Guidelines dapat diatur sesuai kebutuhanmu dengan cara klik dan tarik dari atas atau sisi layar Canva.

5. Menggunakan Fitur Grid

Grid atau kisi-kisi adalah fitur lain yang dapat membantumu dalam mengukur ukuran di Canva. Fitur ini akan membentuk grid tipis yang dapat membantu dalam penempatan objek di desainmu. Kamu dapat mengaktifkan fitur grid ini dengan mengklik ikon “Grid” yang terletak di toolbar Canva.

6. Menggunakan Template dengan Ukuran yang Telah Ditentukan

Jika kamu ingin memastikan gambar yang kamu buat memiliki ukuran yang tepat, Canva telah menyediakan banyak template dengan ukuran yang telah ditentukan. Kamu tinggal memilih template yang sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga tidak perlu lagi memikirkan dan mencari tahu ukuran yang tepat.

7. Menggunakan Add-on Canva

Canva juga memiliki add-on yang dapat membantumu dalam melihat ukuran gambar secara praktis. Add-on ini dapat diakses melalui menu “Add-ons” di atas layar Canva. Dengan menggunakan add-on ini, kamu dapat dengan mudah mengetahui ukuran gambar tanpa harus keluar dari tampilan desainmu.

8. Bertanya pada Komunitas Canva

Jika semua cara di atas belum cukup membantumu, jangan ragu untuk bertanya pada komunitas Canva. Kamu dapat mengunjungi forum atau grup Facebook Canva untuk terhubung dengan pengguna lainnya. Di sana, kamu dapat berbagi pengalaman dan bertanya mengenai cara melihat ukuran di Canva dengan lebih spesifik.

Kelebihan Cara Melihat Ukuran di Canva

Sekarang, mari kita lihat kelebihan dari menggunakan cara melihat ukuran di Canva:

1. Kemudahan dan Keprecayaan

Dengan mengetahui ukuran gambar yang sesuai, kamu bisa memastikan hasil desainmu terlihat lebih profesional dan rapi. Keberadaan ruler, guidelines, dan fitur lainnya pada Canva akan memberimu kemudahan dan kepercayaan diri dalam membuat desain yang lebih baik.

2. Efisiensi Waktu

Dengan mengetahui ukuran gambar yang tepat, kamu tidak perlu lagi melakukan trial and error atau mencoba-coba ukuran yang sesuai. Hal ini akan mempercepat proses desain dan membuatmu lebih efisien dalam mengerjakan projek-projekmu.

3. Konsistensi Desain

Dengan menggunakan cara melihat ukuran di Canva, kamu dapat menjaga konsistensi desain antara satu gambar dengan gambar lainnya. Dengan begitu, desain-desainmu akan terlihat seragam dan profesional.

4. Menciptakan Konten yang Responsif

Dalam dunia digital saat ini, penting bagi desainmu untuk responsif, artinya bisa menyesuaikan diri dengan ukuran berbagai perangkat, seperti smartphone, tablet, atau desktop. Dengan mengetahui ukuran di Canva, kamu bisa dengan mudah mengatur desainmu agar tetap terlihat baik pada berbagai layar.

5. Menghemat Ruang Penyimpanan

Dengan mengetahui ukuran gambar yang tepat sejak awal, kamu akan menghemat ruang penyimpanan file. Mengedit ulang gambar yang berukuran terlalu besar atau terlalu kecil akan menghasilkan file yang lebih besar, yang bisa mempengaruhi pemakaian ruang penyimpanan pada perangkatmu.

Tabel Informasi Cara Melihat Ukuran di Canva

No. Metode Cara Melihat Ukuran
1 Ruler Melalui fitur ruler pada layar Canva
2 Info Gambar Klik dua kali pada gambar dan pilih opsi “Info Gambar”
3 Keyboard Shortcut Tekan tombol “Ctrl” + “Alt” + “I” (Windows) atau “Cmd” + “Option” + “I” (Mac)
4 Guidelines Buat dan atur guidelines untuk mengukur objek di desain
5 Grid Aktifkan fitur grid untuk membantu penempatan objek di desain
6 Template dengan Ukuran Tepat Pilih template dengan ukuran yang telah ditentukan
7 Add-on Canva Akses add-on Canva untuk melihat ukuran gambar
8 Bertanya pada Komunitas Bergabung dengan komunitas Canva untuk mendapatkan bantuan

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara melihat ukuran di Canva. Kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat kamu gunakan, antara lain melalui ruler, fitur info gambar, keyboard shortcut, guidelines, grid, template dengan ukuran yang sudah ditentukan, add-on Canva, dan bertanya pada komunitas Canva. Dengan mengetahui ukuran gambar yang tepat, kamu dapat menciptakan desain yang lebih profesional, responsif, dan konsisten. Jadi, mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk menggunakan Canva dan eksplorasi fitur-fiturnya!

Sekian artikel tentang cara melihat ukuran di Canva. Semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan membantu kamu dalam mengoptimalkan penggunaan Canva. Selamat mencoba!

Kata Penutup

Artikel ini disusun berdasarkan pengalaman kami dalam menggunakan Canva dan penelitian yang kami lakukan. Kami berharap informasi yang telah kami bagikan dapat memberikanmu pengetahuan yang berguna dalam mengoptimalkan penggunaan Canva. Namun, perlu diingat bahwa Canva terus mengembangkan dan memperbarui fitur-fiturnya, sehingga ada kemungkinan ada fitur baru yang belum kami bahas di artikel ini. Jika kamu menemui hal baru atau memiliki pengalaman lain yang ingin kamu bagikan, jangan ragu untuk berkomentar di bawah. Terima kasih atas perhatian dan selamat mencoba!

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *