Maret 1, 2024
Home » Ceramah Bugis Terbaru Bahaya Berkata Dusta atau Bohong

bahasa Bugis – “Berkomunikasi bahkan satu ayat” Pesan ini adalah contoh terbaik dari sejarah, Utusan Tuhan Muhammad, semoga Tuhan memberkatinya dan memberinya kedamaian. Seperti orang normal, tempatnya salah. Namun, kita tetap diperintahkan untuk saling mengingatkan dan saling mengajak pada kebaikan.

Di bawah ini adalah pidato Bugis terbaru yang saya harap bisa menjadi referensi bagi pembaca dalam menyajikan pidato Bugis.

Diskusi Bugis

Contents

Pidato singkat Bagis

Bahaya berbohong / berbohong

(Oleh: KM Ismail Saleng, S.Ag., S.Pd.i)

damai sejahtera besertamu

Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam atasmu dan para imam para rasul, dan atas jemaah, tapi setelah itu.

Selamat tuan dan nyonya

Rilalenna iyyae wettu mabbarakka’e, upuminasai palettetukekki silappa yaregga dua lappa, mancajie ada assiparengngerang lao rikkeng maneng, terutama lao rito mabtalkianatu “bahaya kebohongan/kebohongan”

Menurut KKBI, kebohongan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, jadi berbohong tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya. Berbohong adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan fakta, ucapan berbeda dengan tindakan atau hal lain yang ada di mulut dan hati.

Demikian pula, tanda tangan dipalsukan, gelar akademik dipalsukan, penilaian dipalsukan, dll. Semua ini bohong

Hadirin sekalian yang berbahagia

Naiya ada bellewe maladde senna makkasolang, padanna; Mancaji gau amunafekeng.

Makda Nabita:

Majeppu abbelewe saisa babanna amunafekenge.

Paimeng makdai nabita pebtuanna: tanra-tanrana tumonafe telo. Narekko mabtalki mabellei. Narekko majjanciwi napisalai. Narekko iparennuangiwi Ceko – Ceko. (Menurut Bukhari Muslim)

Jadi dusta adalah munafik dan munafik adalah neraka yang paling rendah. Sebagaimana firman Allah SWT Bettuanna:

Majeppu tahu munafee’e koi langga kaminang mariawana ranaka onronna.

Muslim Maasiral dan Muslimat Rahimkamullah

2. Naye ada bellewe mappitiwi’i lao gau majae. Ianaru sabana nabita malade napattike umna pul riada bel. Makkeda Nabitta Ya Bettuanna:

“Upattikekko tumennang pole ri ada belle, untuk majeppu belle ada natiwikki ri gau maja’e, na tiwiki tama ri ranaka.”

Paimeng makkeda nabitta ya Bettuanna:

“Upattikekko tumennang pole ri punya belle karena majeppu ritu punya belle simata sibawai jae, naiyaro duaae sifa lise ranaka maneng’i.”

Selamat untuk umat Islam

Ada bellewe makkasolang’i ri ibadae makkedai nabitta dikutip pabbettuanna: 5 gau makkasolang yaregga naruttung i appalanna fast’e: 1. Ada belle, 2. Pau-pau ri mondrie, 3. Bali bellae, 4. Sabitanke, 4. Laurie It adalah lawan jenis dari nafsu.

Jaji ada bellewe makkasolang ri puasa makkomatwero jasa lainnya. Narekko bellei gaunna tauwemassolangi appalanna ibadana.

Ada bellewe napateddeng’i orang kepercayaan tauwe, at-anna pabbalue ko nabellei pangellie de matu nai trusted, gangkanna lettei tauwe mangelli ripabbalu laing’e

Makotoniro desert narkko ana sikola nebli, de mato nai terpercaya ko biabaan, makotoparo sibalkanena.

Begitu juga dengan kalian para wakil yang membohongi rakyat, banyak membuat janji saat pemilu tapi tidak menepatinya, maka kalian tidak akan terpilih kembali. Dan dengan cara yang sama, orang yang berbohong atau berbohong kehilangan kepercayaan orang padanya. Nabi kita Muhammad (saw) dipercaya oleh orang karena dia tidak pernah berbohong sehingga dia diberi gelar Al-Amin, yang bisa dipercaya.

Demikian penuturan Bugis terbaru dari Guruta KM Ismail Saleng, S.Ag., S.Pd.i yang merupakan salah satu pengurus Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang. Semoga Allah memberikan beliau kesehatan dan keberkahan di segala fase kehidupan beliau.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *