Juli 9, 2024
Home » contoh susunan acara non formal

Contents

Kata Pembuka

Halo Sobat Deng Tutor! Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai contoh susunan acara non formal. Acara non formal adalah acara yang tidak terikat oleh aturan atau protokol formal, namun tetap dilakukan dengan tujuan tertentu. Yuk, kita simak contoh-contoh susunan acara non formal yang bisa menjadi inspirasi!

Pendahuluan

Acara non formal memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Di sisi positifnya, acara non formal memberikan kebebasan dalam mengekspresikan ide-ide, lebih santai dan tidak kaku, serta mampu membangun suasana yang nyaman dan akrab antar peserta. Namun, terdapat juga beberapa kekurangan seperti tidak adanya struktur yang jelas dan kemungkinan terjadinya kekacauan.

Agar acara non formal dapat berjalan dengan lancar, perlu adanya persiapan dan susunan acara yang terencana. Perencanaan yang matang dapat membantu menghindari potensi kekacauan dan membuat acara menjadi lebih menyenangkan. Berikut adalah contoh susunan acara non formal yang bisa kamu jadikan referensi:

Susunan Acara Non Formal

Waktu Kegiatan
18.00 – 18.30 Persiapan dan registrasi peserta
18.30 – 18.45 Pembukaan acara oleh MC
18.45 – 19.15 Sesi diskusi kelompok
19.15 – 19.30 Pemberian waktu istirahat
19.30 – 19.45 Presentasi hasil diskusi
19.45 – 20.00 Penutupan acara

Pada contoh susunan acara non formal di atas, kita dapat melihat bagaimana acara tersebut diatur dengan baik agar berjalan dengan lancar. Mulai dari waktu persiapan dan registrasi peserta, pembukaan acara oleh MC, hingga sesi diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi.

Kelebihan dan Kekurangan Acara Non Formal

Kelebihan Acara Non Formal

1. Kebebasan dalam mengekspresikan ide-ide.

2. Suasana yang lebih santai dan tidak kaku.

3. Menguatkan ikatan dan kebersamaan antar peserta acara.

4. Memungkinkan adanya interaksi yang lebih banyak antar peserta.

Kekurangan Acara Non Formal

1. Tidak adanya struktur yang jelas mengenai jalannya acara.

2. Kemungkinan terjadinya kekacauan dan kebingungan.

3. Sulit untuk mencapai tujuan acara secara efektif.

4. Tidak adanya kepastian mengenai durasi acara.

Kesimpulan

Acara non formal dapat menjadi alternatif yang menarik dan menyenangkan. Dengan perencanaan yang baik, acara non formal dapat menghasilkan suasana yang lebih santai namun tetap efektif untuk mencapai tujuan tertentu. Kamu dapat menggunakan contoh susunan acara non formal di atas sebagai inspirasi, namun jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan tema dan tujuan acara yang kamu kelola.

Jadi, jangan takut untuk mencoba konsep acara non formal dan menjadikannya sebagai pilihan yang berbeda namun menarik. Selamat mencoba dan semoga acaramu sukses!

—————————————————————————————————————–

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan memberikan informasi dan bukan merupakan saran atau anjuran resmi. Setiap keputusan yang diambil berdasarkan isi artikel ini adalah tanggung jawab pembaca sepenuhnya.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *