Oktober 3, 2023
Home » Susunan Acara Akad Nikah Secara Islam

Salam Sahabat Dengtutor.id, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai susunan acara akad nikah secara Islam. Bagi pasangan yang berencana untuk melangsungkan pernikahan dalam Islami, acara akad nikah menjadi momen yang sangat penting dan sakral. Selain sebagai prosesi resmi pernikahan, akad nikah juga menjadi sarana untuk menyatakan ikrar dan janji suci dalam ikatan pernikahan.

Contents

Pendahuluan

Sebelum kita memahami susunan acara akad nikah secara Islam, alangkah baiknya kita mengetahui arti dari akad nikah itu sendiri. Akad nikah merupakan ikrar atau perjanjian di hadapan saksi-saksi yang sah antara kedua mempelai yang akan menjadi landasan sahnya pernikahan dalam Islam.

Akad nikah dapat dilangsungkan dengan berbagai macam tata cara sesuai dengan adat dan tradisi yang berlaku di masyarakat. Namun, secara prinsipil, akad nikah haruslah memenuhi syarat-syarat yang diatur dalam agama Islam. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui susunan acara akad nikah secara Islam agar pernikahan kita dapat berjalan sesuai dengan ketentuan agama yang kita anut.

Dalam prakteknya, susunan acara akad nikah secara Islam dapat bervariasi di setiap daerah dan budaya. Namun, umumnya susunan acara tersebut terdiri dari beberapa tahapan yang penting untuk diikuti. Mari kita bahas satu per satu tahapan dalam acara akad nikah secara Islam.

Tahapan Akad Nikah

1. Penyerahan Mempelai dari Pihak Perempuan đź•ş

Penyerahan mempelai dari pihak perempuan kepada pihak laki-laki adalah bagian dari tradisi akad nikah dalam Islam. Hal ini dilakukan sebagai simbol penyerahan hak dan tanggung jawab seorang perempuan kepada laki-laki yang menjadi suaminya.

2. Pembacaan Surat Akad Nikah đź“š

Pada tahap ini, dilakukan pembacaan Surat Akad Nikah yang berisi ikrar dan janji suci antara kedua mempelai. Membaca surat ini dilakukan oleh pihak yang berwenang, seperti penghulu atau saksi sah.

3. Ijab Qabul đź‘Ť

Ijab Qabul adalah tahap di mana kedua mempelai menyatakan ikrar suci pernikahan. Pada saat ini, pihak laki-laki menyatakan ijab (teklan) dan pihak perempuan menjawab qabul (terima). Ijab dan qabul ini harus dilakukan secara jujur, ikhlas, dan tanpa paksaan.

4. Doa dan Bacaan Al-Qur’an 💡

Setelah ijab qabul, biasanya dilakukan doa bersama dan bacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an sebagai bentuk permohonan restu dan berkah untuk pernikahan yang baru saja dilangsungkan. Doa dan bacaan ini dapat dilakukan oleh pihak keluarga atau saksi-saksi yang sah.

5. Tanda Tangan Akad Nikah ✍

Setelah tahap ijab qabul dan doa, kedua mempelai dan saksi-saksi yang hadir akan melakukan tanda tangan di dalam akta nikah. Tanda tangan ini menjadi bukti sahnya pernikahan dalam Islam dan dapat digunakan sebagai pegangan hukum di kemudian hari.

6. Ucapan Selamat dan Berdoa 🙏

Setelah akad nikah selesai dilangsungkan, biasanya disampaikan ucapan selamat kepada kedua mempelai. Selain itu, pihak keluarga dan tamu undangan juga dapat memberikan doa dan harapan baik untuk kelangsungan pernikahan yang baru saja resmi dilakukan.

7. Mahar dan Sirekap đź’Ž

Mahar merupakan pemberian yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai simbol pengakuan hak dan kewajiban. Sirekap adalah upacara mengarak mempelai wanita menuju rumah pengantin laki-laki setelah akad nikah. Kedua tahapan ini bisa menjadi bagian dari susunan acara akad nikah.

Tabel Susunan Acara Akad Nikah

No Susunan Acara
1 Penyerahan Mempelai dari Pihak Perempuan
2 Pembacaan Surat Akad Nikah
3 Ijab Qabul
4 Doa dan Bacaan Al-Qur’an
5 Tanda Tangan Akad Nikah
6 Ucapan Selamat dan Berdoa
7 Mahar dan Sirekap

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan akad nikah dalam Islam?

Akad nikah dalam Islam merupakan ikrar atau perjanjian di hadapan saksi-saksi yang sah antara kedua mempelai yang akan menjadi landasan sahnya pernikahan dalam Islam.

2. Bagaimana proses penyerahan mempelai dalam akad nikah?

Penyerahan mempelai dari pihak perempuan kepada pihak laki-laki adalah bagian dari tradisi akad nikah dalam Islam. Hal ini dilakukan sebagai simbol penyerahan hak dan tanggung jawab seorang perempuan kepada laki-laki yang menjadi suaminya.

3. Apa itu ijab qabul dalam akad nikah?

Ijab qabul adalah tahap di mana kedua mempelai menyatakan ikrar suci pernikahan. Pada saat ini, pihak laki-laki menyatakan ijab (teklan) dan pihak perempuan menjawab qabul (terima).

4. Mengapa penting dilakukan pembacaan Surat Akad Nikah?

Pembacaan Surat Akad Nikah dilakukan untuk menyampaikan ikrar dan janji suci antara kedua mempelai. Surat ini berisi tentang tanggung jawab, hak, dan kewajiban yang harus dijalani dalam ikatan pernikahan.

5. Apa yang dimaksud dengan mahar dalam akad nikah?

Mahar adalah pemberian yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai simbol pengakuan hak dan kewajiban dalam pernikahan. Mahar ini bisa berupa uang, harta benda, atau hal lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

6. Bagaimana cara memilih saksi sah dalam akad nikah?

Saksi sah dalam akad nikah haruslah pihak yang berkompeten dan berwenang dalam masalah pernikahan menurut hukum Islam. Biasanya saksi-saksi ini adalah tokoh agama atau ahli yang memiliki pengetahuan tentang hukum syariat Islam.

7. Mengapa penting melibatkan saksi dalam akad nikah?

Keterlibatan saksi dalam akad nikah bertujuan untuk memastikan sahnya pernikahan menurut hukum Islam. Saksi-saksi ini juga menjadi bukti resmi dan sahnya pernikahan di mata hukum agama dan negara.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa susunan acara akad nikah secara Islam terdiri dari beberapa tahapan penting yang harus diikuti. Tahapan tersebut mencakup penyerahan mempelai, pembacaan Surat Akad Nikah, ijab qabul, doa dan bacaan Al-Qur’an, tanda tangan akad nikah, ucapan selamat dan berdoa, serta mahar dan sirekap. Dengan mengikuti susunan acara ini, pernikahan kita dapat berjalan sesuai dengan ketentuan agama yang kita anut.

Jangan lupa, dalam melangsungkan akad nikah, penting bagi kita untuk selalu mengutamakan niat yang ikhlas dan sungguh-sungguh dalam menjalani ikatan pernikahan. Semoga tulisan ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam bagi kita semua tentang susunan acara akad nikah secara Islam.

Kata Penutup

Demikianlah artikel singkat mengenai susunan acara akad nikah secara Islam. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan pernikahan dalam Islami. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kontak yang tertera. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga pernikahan Anda berjalan dengan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT. Salam Sahabat Dengtutor.id!

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *