April 20, 2024
Home » Susunan Acara Mappettuada / Lamaran Adat Bugis

Mappettuada adalah prosesi pernikahan adat Bugis yang diawali dengan beberapa tahapan mamanu-manu/mabbaja laleng dan madduta (melamar).

Contents

Apa itu Mappettuada?

Mapettu adalah bahasa Bugis yang berarti keputusan, sedangkan ada berarti kata. Oleh karena itu, mappettuada diartikan sebagai acara musyawarah untuk mencapai kesepakatan tentang tempat kediaman mempelai wanita. Pada acara mappettuada banyak hal yang dibahas, termasuk segala hal yang berkaitan dengan akad nikah dan resepsi.

Program acara Mapetwada

Acara mappettuada seperti acara resmi lainnya yang membutuhkan panduan untuk menjalankan acara tersebut.

Dibawah ini jadwal beserta contoh teks mappattuada mc bugis custom

1. Menyambut kedatangan keluarga mempelai pria

Pertama, MC menyapa keluarga mempelai pria yang baru tiba di venue.

Kami menyambut seluruh keluarga besar mempelai pria ke kediaman mempelai wanita. Terima kasih banyak dengan suka cita atas kehadiran bapak ibu sekalian.

2. Halo, hormat dan perkenalan

Kemudian memberikan penghormatan kepada tamu istimewa atau tokoh penting yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan perkenalan atau kalimat pembuka upacara.

Sayang…

Kepada seseorang yang kita hormati…

Alhamdulillah wabihi nasta’in, wala ajdaduniya, waddin, wasalto, wassalam, ‘Ali Asrofila, Ambia’i, wa’l mursalin, wa’aliyya, dan sahbihi Ajmain, tapi Baadu

Sukkuru’ki lao raise arajangna assewanna Puang Allau ta’ala, nasaba pammase marajana nawerengki panginringeng agedu malampe na topada hadere ri onrong malebbi’e hampir melo pasilennereneng i seddi akkatta madeceng yanar bahwa acara mepto memiliki ri bal todangna. . Naripannessa to na pappojitta lao ri Nabitta Muhammad SAW nasaba salawa’ mannennungeng, te mapettu lao ri alena, keluarganya, sahabatnya.

3. Pembukaan oleh MC

Tabe, tomat sining malebbikeng yae temmaka upakaraja. Madecengni ro Matti ripammullai, ripatarakka iyya gau malebbi ta fateawai tosilewo-lewo baca basmalah. “Atas nama tuhan”

4. Pembacaan ayat-ayat Al Quran yang mulia

Acara selanjutnya adalah pembacaan Al Quran oleh…

5. Presentasi tujuan dan sasaran

Bapak ibu yang berbahagia, saatnya menuju ke rangkaian acara utama yaitu penyampaian maksud dan tujuan mempelai pria oleh … atas nama keluarga besar ayah … dan ibu …

Sambut dia dengan hormat

6. Sepatah kata dari keluarga mempelai wanita

Acara selanjutnya adalah penerimaan penerima permintaan dari wanita, yang akan diantarkan oleh Anda … waktu dan tempat kami mengundang

7. Memberikan saran (bila ada)

8. Negosiasi kontrak pada hari kontrak dan penerimaan

9. Cincin pemasangan

Langkah selanjutnya, kita sampai pada upacara yang telah lama ditunggu-tunggu, penyerahan cincin kepada mempelai wanita. Kami meminta minat Anda.

10. Membaca dan menyelesaikan sholat

Alhamdulilah acaranya kita lalui bersama, lalu dibacakan doa yang akan dipanjatkan ke imam mu… waktu dan tempat kita undang.

Demikian rangkaian acara kami hari ini, mamwari napapole pamas nene baraka lao ri idi maneng, khusus untuk kedua mempelai. Atas nama keluarga besar, saya mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Mari kita tutup upacara ini dengan nyanyian simpati.

Assalamualaikum, rahmat dan berkah Allah bagimu

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *