Mei 12, 2024
Home » 10 Cara Memilih Produk untuk Dijual Agar Laris Manis

Memulai bisnis, hal yang paling membingungkan adalah memilih produk. Apakah produk dalam permintaan tinggi atau bahkan akan lepas landas nanti? Banyak yang masih bingung karena tidak tahu cara memilih produk yang akan dijual.

Bagaimana Anda memilih produk yang akan dijual agar produk Anda laris manis?

  1. Pemilihan produk yang akan dijual harus sesuai dengan modal yang tersedia

Kriteria pertama untuk memilih produk adalah memastikan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan “saku” Anda. Jika berniat berjualan online dengan modal 10 juta, barang dengan nilai lebih dari 10 juta sama sekali tidak pantas.

Dengan produk bernilai tinggi, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk mengimpor barang. Selain itu, Anda mungkin tidak lagi memiliki modal kerja untuk membeli alat bisnis atau membelanjakan untuk pemasaran.
Oleh karena itu, pilihlah produk dengan modal yang tersedia dan bagi jumlah investasi dengan hati-hati.

2. Produk memiliki pasar yang luas
Cara memilih produk untuk dijual selanjutnya adalah dengan mencari produk yang banyak dicari. Saat berjualan, terutama bisnis online. Anda tidak boleh mengabaikan riset pasar. Anda perlu melihat apakah pasar produk Anda luas atau tidak. Siapa pesaing produk Anda? Bagaimana pelanggan berperilaku dengan produk Anda?

3. Produk tidak bertentangan dengan hukum
Untuk memutuskan apakah akan menjual secara offline atau online, Anda perlu memeriksa produk secara menyeluruh. Produk tidak boleh melanggar undang-undang atau produk yang berada di bawah pengawasan pemerintah yang ketat.

Mungkin semua orang tahu hal-hal yang melanggar hukum. Oleh karena itu, terlepas dari penjualan barang-barang ini, saya tidak melihat keuntungan yang tinggi.

Barang-barang yang berada di bawah pengawasan pemerintah yang ketat seperti obat-obatan, alkohol, bir, stimulan, selain itu produk tidak diiklankan di media sosial seperti Facebook atau Google.

bBaca juga:

4. Mengutamakan kualitas produk

Untuk penjualan jangka panjang dan kepercayaan pelanggan, Anda harus memperdagangkan produk yang memiliki reputasi dan kualitas yang baik di masyarakat. Jadilah yang pertama menguji, gunakan produk terlebih dahulu untuk mendapatkan pandangan objektif. Jangan memilih produk berkualitas rendah untuk pasar. Ini akan membuat pelanggan membeli untuk pertama kalinya dan tidak pernah kembali. Sebaliknya, jika produknya bagus, Anda bisa memiliki pelanggan setia. Bahkan rekomendasi pelanggan setia ini lebih efektif dan lebih baik dari ratusan iklan.

5. Pandai menghadapi pesaing
Sebuah produk di pasar dengan 10-30 pesaing menunjukkan bahwa pasar tersebut memiliki daya beli dan kemauan untuk membayar, tetapi jika pesaing terlalu banyak, akan sulit bagi Anda untuk bersaing.
Untuk menghadapi persaingan yang lebih sedikit, Anda dapat menemukan produk unik yang belum terlihat di pasar atau menemukan ceruk yang tidak memiliki banyak pesaing.
Menemukan produk potensial semacam itu membutuhkan riset pasar, memahami masalah pelanggan saat ini, dan menemukan produk yang memecahkan masalah ini.

6. Kriteria pemilihan produk: Memiliki banyak pemasok

Produk dapat diimpor dalam waktu singkat untuk memastikan proses pengiriman ke pelanggan.
Jika Anda bukan produsen, sangat penting bagi Anda untuk aktif mencari barang dari distributor, karena banyak perusahaan yang bangkrut karena tidak bergerak cepat dalam mengirimkan produk tepat waktu.

7. Pilih produk jualan yang unik

Tahukah Anda, pasar penjualan saat ini sangat aktif dan sangat kompetitif. Sangat penting bagi pelanggan untuk mengingat produk Anda. Jika produk Anda diproduksi secara massal dan tidak ada yang unik, persaingan akan ketat. Namun, fakta bahwa produk sederhana masih mudah ditiru membuat pengusaha baru sulit bersaing dengan “anak besar” yang sudah lama berbisnis online. Secara khusus, pengusaha jangka panjang dapat menurunkan harga dan Anda tidak dapat bertahan lama di pasar.
Oleh karena itu, seseorang harus mencari produk yang unik, mewah dan sulit ditiru.
Cari tahu apa yang dibutuhkan pasar, terutama audiens target Anda. Dengan cara ini, Anda akan dapat membangun basis pelanggan yang unik.

8. Produk harus mampu menangani masalah pelanggan

Anda harus memilih produk yang mengatasi masalah pelanggan. Terutama masalah yang dihadapi banyak orang. Misalnya di negara kita, level wanita usia 17-25 tahun masih mengeluhkan kulit sensitif, jerawat meradang, kulit kusam.

Ini adalah masalah bagi banyak wanita. Oleh karena itu, bisnis produk kosmetik sangat efektif untuk mencegah kulit sensitif. Tak hanya krim anti jerawat, produk dengan kandungan yang mampu meningkatkan pengemban kulit, melindungi wajah dari sinar UV pun selalu dicari pelanggan.

Bagaimana Anda memilih produk yang akan dijual sangat penting dalam opsi terakhir ini, karena pada kenyataannya kebanyakan orang hanya membeli produk untuk menyelesaikan masalah mereka. Tidak hanya untuk membeli untuk penyimpanan, tetapi juga untuk digunakan.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *