Februari 24, 2024
Home » 10 Tips untuk Jalan Sehat

Berjalan adalah salah satu cara termudah dan termurah untuk menjadi bugar. Ini juga merupakan bentuk latihan serbaguna yang dapat dilakukan di dalam ruangan (banyak pusat perbelanjaan dan bangunan umum menawarkan jalur jalan kaki) atau di luar ruangan, dan Anda dapat menyesuaikan intensitas latihan Anda berdasarkan kemampuan Anda dan Tetapkan tujuan pribadi Anda. Apakah Anda ingin mulai berjalan untuk berolahraga, menurunkan berat badan, atau jika Anda baru mengenalnya, tips ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda. “Power walking” atau jalan cepat dengan banyak mengayunkan lengan membakar lebih banyak kalori.

Berikut 10 tips jalan sehat:

1. Sebelum memulai program jalan kaki, tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda memiliki penyakit kronis atau cedera baru-baru ini. Tetapi jangan berasumsi bahwa Anda tidak dapat mulai berjalan jika Anda memiliki masalah medis. Jalan kaki dapat membantu mengendalikan perkembangan penyakit dan meredakan gejala pada orang dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes, dan banyak orang dengan radang sendi atau masalah muskuloskeletal lainnya menemukan kelegaan gejala dengan berjalan kaki secara teratur dan diawasi secara medis. Olahraga adalah bagian penting dari setiap program penurunan berat badan yang membantu banyak kondisi kronis.

2. Berinvestasi pada sepatu yang bagus. Karena ini satu-satunya biaya dan perlengkapan yang Anda butuhkan, perhatikan kecocokan dan kualitas sepatu Anda. Saat Anda mencoba sepatu, sepatu harus pas, tanpa bagian yang kencang atau terjepit yang dapat menyebabkan lecet atau kapalan. Saat membeli sepatu Anda, pertimbangkan jenis kaus kaki yang Anda kenakan dan ingat bahwa jika Anda berencana mengenakan kaus kaki tebal, Anda mungkin memerlukan ukuran yang lebih besar dari biasanya. Sepatu harus memiliki lengkungan yang baik dan tumit yang sedikit lebih tinggi dengan bahan yang padat untuk menopang tumit saat berjalan dan mencegah goncangan. Tiang trekking atau aksesori lain juga dapat membantu, tergantung pada cuaca dan medan yang akan Anda lalui.

3. Selalu lakukan pemanasan dengan berjalan dengan kecepatan lambat atau normal selama lima menit sebelum meningkatkan kecepatan latihan Anda.

4. Perhatikan detak jantung dan pernapasan Anda. Berjalanlah dengan kecepatan yang menantang Anda dan tingkatkan detak jantung Anda, tetapi jangan berlebihan. Anda harus bisa berbicara dan bercakap-cakap sambil berolahraga. Jika Anda tidak bisa, Anda mungkin bekerja terlalu keras.

5. Gunakan postur berjalan yang baik. American Academy of Orthopedic Surgeons merekomendasikan untuk menjaga postur berikut saat berjalan: Ayunkan lengan Anda. Angkat kepala, punggung lurus, dan perut rata. Arahkan jari kaki Anda ke depan. Ambil langkah besar, tapi jangan stres.

6. Pertimbangkan pedometer untuk melacak jarak yang telah Anda tempuh atau jumlah langkah yang telah Anda tempuh. Menonton kemajuan Anda dari waktu ke waktu adalah sumber motivasi yang bagus.

7. Melacak langkah Anda di aplikasi smartphone atau Fitbit bisa menjadi motivasi ekstra.

8. Jika Anda mendaki atau berolahraga di cuaca panas, pastikan membawa air. Dalam cuaca yang sangat panas, Anda mungkin juga membutuhkan minuman kebugaran atau sumber elektrolit lainnya. Perhatikan gula dan kalori dari beberapa minuman ini.

9. Jangan lupa memakai topi bertepi di musim panas dan oleskan tabir surya di area yang terbuka.

10. Ubah rute Anda jika Anda bosan. Tambahkan jalur dengan beberapa bukit atau perubahan medan untuk meningkatkan kebugaran Anda. Atau metode alternatif pada hari yang berbeda dalam seminggu. Jadikan latihan Anda menyenangkan. Banyak orang berjalan dengan teman atau berkelompok untuk mendapatkan dukungan dan motivasi. Sementara banyak pejalan kaki bersumpah dengan iPod mereka untuk membuat mereka terus berjalan, yang lain lebih memilih untuk lebih memperhatikan pemandangan dan suara di sekitar mereka. Temukan solusi yang membuat Anda bergerak.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *