April 19, 2024
Home » 5 Tips dan Cara Ampuh Mengatasi Hp Lemot

telepon lambat

Cara Ampuh dan Tips Mengatasi HP Lemot Dijamin – Hal yang paling menyebalkan adalah ketika smartphone kesayangan Anda tiba-tiba melambat. Banyak orang beranggapan bahwa ponsel lemot sering kali disebabkan oleh virus, sehingga jalan pintas yang dipilih membawa mereka ke layanan tersebut, kemudian diminta untuk menginstal ulang, dan pada akhirnya menghabiskan uang lagi, Padahal bisa diatur sendiri.

Sebelum membahas tips mengatasi smartphone lemot, redaksi membagikan beberapa cara ampuh yang bisa kamu coba untuk membuat smartphone berhenti bekerja. Nyanyian pengantar tidur Caranya mudah, hanya letaknya yang mungkin berbeda untuk setiap tipe ponsel.

Mengatasi ponsel lemot memang jarang diketahui, melalui opsi pengembang. Opsi pengembang harus diaktifkan terlebih dahulu. Bagaimana?

Metode :

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Buka Tentang Perangkat
  • Build number/nomor versi (biasanya lokasinya berbeda-beda tergantung smartphone kamu)
  • Lalu, tap atau tekan nomor build sebanyak 5 atau 7 kali hingga muncul tulisan “Developer mode is on”
  • Kemudian, kembali.

Ini belum selesai.

  • Buka pengaturan lagi
  • Cari opsi atau opsi Mode Pengembang, gulir ke bawah untuk Skala Animasi Jendela
  • Pilih Animasi Jendela, lalu Skalakan Animasi Jendela, Transisi, dan Animator to 0.5x Umumnya smartphone menggunakan window animation 1.0x agar terlihat lambat, jadi begitu diubah ke 0.5 maka secara otomatis akan menuju ke kecepatan tertinggi, yaitu performa yang lebih tinggi.

Contents

Tips mengatasi HP lemot

Bersihkan cache dengan rajin

Pertama, Raji membersihkan cache. Apa itu cache dan apa hubungannya dengan ponsel, julukan Lalud? Cache adalah pemblokir memori yang bertumpuk dan membuat smartphone Anda menjadi lambat karena RAM dan memori smartphone terisi dengan cache aplikasi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Buka pengaturan – aplikasi – manajer aplikasi – hapus memori.

Hapus aplikasi bawaan

Selanjutnya, hapus aplikasi default. Apakah ini bukan masalah? Tentu saja tidak, aplikasi seluler default tidak ada hubungannya dengan sistem Android, itu adalah aplikasi yang secara diam-diam menggunakan RAM dan menghabiskan ruang penyimpanan, bahkan semakin memperlambat ponsel. Contoh aplikasi bawaan Samsung yang jelas tidak digunakan atau tidak terlalu penting adalah Galaxy Gift Indonesia dan masih banyak lainnya.

Bagaimana cara menghapusnya?

Masuk ke Setting – Application Manager – All – lalu cari program yang ingin dihapus.

Hindari memperbarui Google Play Store secara otomatis

Hindari mengupdate Google Play Store secara otomatis di smartphone Anda, Google Playstore mendeteksi aplikasi yang perlu diupdate kemudian diupdate secara otomatis, sehingga RAM yang digunakan sangat tinggi.

Cara menonaktifkan update otomatis adalah buka Playstore terlebih dahulu, lalu klik icon tiga baris, pilih Setting, pilih Auto-update application, lalu pilih “Don’t update applications automatically”.

Tambahkan memori eksternal

Menambahkan penyimpanan eksternal sangat memengaruhi kinerja smartphone, tetapi penyimpanan yang terlalu sedikit dengan terlalu banyak data adalah alasan utama ponsel Anda lambat.

Kembali ke Pengaturan pabrik

Sebelum melakukan tip terakhir ini, jangan lupa untuk mem-backup data Anda karena rooting pabrik akan menghapus semua file, aplikasi, dan akun terkait di ponsel cerdas Anda.

Cara mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik yaitu klik menu Pengaturan – Cadangkan dan reset – Reset pabrik.

SAYAInilah cara dan 5 tips mengatasi ponsel lemot. Dengan demikian demikian saran admin kepada para pembaca. Silahkan pilih salah satunya untuk mengatasi lambatnya smartphone anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan jika Anda memiliki tips ampuh lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar sebagai referensi bagi pembaca lainnya.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *