Juni 15, 2024
Home » Begini Cara Mencari Aplikasi yang Tidak Ada di Play Store

Bukan rahasia lagi bahwa yang membuat Android sangat berguna adalah banyaknya dukungan aplikasi berguna yang tersedia. Tanpa dukungan dari banyak aplikasi tersebut, Android bukanlah apa-apa. Namun, ternyata masih ada beberapa aplikasi yang di banned dari Google Playstore yang tidak lagi diperbolehkan untuk dipublikasikan di Google Playstore.

Pengguna Android mungkin pernah mengalami hal ini: mereka ingin memasang aplikasi tetapi tidak dapat menemukannya di Play Store. Solusinya adalah dengan menggunakan sumber daya pihak ketiga. Itulah mengapa penting untuk membicarakan cara menemukan aplikasi yang tidak ada di Play Store di postingan ini.

Seperti sistem zonasi pendaftaran sekolah tahun ajaran 2019 di Indonesia, Google sudah lama mengimplementasikannya untuk pengguna Android. Oleh karena itu, jendela toko aplikasi seluler disesuaikan dengan lokasi pengguna. Oleh karena itu, sejumlah aplikasi yang resmi diluncurkan di belahan dunia lain tidak akan Anda temukan di layar smartphone Anda.

Jadi bagaimana jika Anda ingin menginstal aplikasi? Tidak seperti iOS, Android memungkinkan Anda memasang aplikasi dari tempat lain.

Contents

Cara menemukan aplikasi yang tidak ada di Play Store

Kali ini Pertukaran Pikiran ingin memberikan beberapa tips bagi Anda yang sedang mencari aplikasi yang belum tersedia di negara Anda. Atau mungkin Anda ingin mencoba pembaruan yang diumumkan baru-baru ini untuk aplikasi yang belum dirilis untuk Anda. Anda mungkin ingin mencari aplikasi versi lama jika pembaruan terbaru bermasalah.

Tapi pertama-tama, peringatan cepat: kami sarankan menggunakan sumber pihak ketiga ini jika Anda perlu, dan hanya jika Anda yakin mengunduh dari sumber tepercaya.

Nah, bagaimana jika Anda mengalami hal seperti ini. Tentu saja, jika aplikasi yang mereka inginkan dihapus dari Play Store, akan merepotkan pengguna Android. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan aplikasi yang tidak ada di Google Play Store. Mari kita mulai.

Cari dan unduh programCari dan unduh program

Buka tautan APKMirror di browser seluler Anda. Ada banyak pasar aplikasi Android tidak resmi, tetapi yang ini dijalankan oleh tim yang mengelola blog Android Police. Periksa semua aplikasi untuk memastikan mereka sah.

Telusuri koleksi situs atau gunakan kotak pencarian di atas untuk menemukan dan memilih program yang Anda inginkan.

Jika aplikasi Anda memiliki beberapa versi, Anda akan melihatnya tercantum berdasarkan nomor versi dan tanggal rilis. Ketuk versi yang Anda inginkan, lalu ketuk nama file (di bawah “Unduh”) dan ketuk tombol merah “Unduh APK” di bagian bawah halaman berikutnya.

Telepon memperingatkan tentang bahaya memasang aplikasi yang tidak dikenal dan meminta Anda untuk mengizinkan pengunduhan. Tekan tombol OK untuk melanjutkan.

Lanjutkan menginstal aplikasiLanjutkan menginstal aplikasi

Lihat panel notifikasi untuk memastikan unduhan selesai. Klik notifikasi untuk memulai penginstalan.

Ponsel Anda akan meminta Anda untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal — baik di seluruh sistem, jika Anda menggunakan Android versi lama, atau hanya browser Anda, jika Anda menggunakan Android 8.0 (Oreo) atau lebih tinggi. Ketuk tautan “Pengaturan” di kotak itu dan kemudian aktifkan sakelar di layar yang muncul.

Tekan tombol kembali dan Anda akan melihat pesan yang meminta Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda ingin memasang aplikasi—baik aplikasi baru atau pembaruan jika Anda sudah memiliki aplikasi tersebut. Klik “Instal”.

Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat halaman konfirmasi. Anda dapat membuka aplikasi dari layar itu atau dengan menemukan ikonnya di laci aplikasi.

Hasil

Semoga tips atau trik yang kami bagikan kali ini tidak disalahgunakan dan tidak digunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Tujuan utama kami adalah dapat membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari melalui beberapa aplikasi yang tidak tersedia di Play Store atau telah dihapus. Jika Anda merasa informasi ini bermanfaat, silakan bagikan ulasan menarik kami kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *