Mei 13, 2024
Home » Cara Cepat Mengganti Template Blog

Ubah format blognya

Dunia blogging semakin berkembang dan kini telah menarik perhatian banyak warga dunia maya. Sesuai dengan keadaan saat ini, tidak enak, terlalu lama di rumah, mengutak-atik komputer atau handphone dengan konten sejenis. Alhasil, mereka tertarik untuk membuat blog yang konon bisa menghasilkan uang dengan berbagai cara atau sekedar untuk mengolok-olok hobi dan mencurahkan isi hati.

Memulai sebuah blog itu mudah dan sulit, ada beberapa hal yang perlu Anda pelajari agar lebih bernilai bagi pengunjung Anda. Ya, persaingan di dunia blogging memang berat dan sedikit brutal. Namun, kita tidak boleh menyerah sebelum memulai dan mencoba. Bagi yang membatasi blog untuk menyalurkan hiburan, maka hal ini tidak menjadi masalah. Berbeda dengan mereka yang memperjuangkan posisi pertama dan ingin selalu eksis dan mendapatkan reputasi yang baik, semuanya perlu diperbaiki.

Memiliki blog yang menarik pasti akan membuat pengunjung terkesan. Semakin banyak pengunjung yang Anda dapatkan, semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk mendapatkan uang. Jadi, langkah pertama untuk mempercantik blog Anda adalah mengubah formatnya.

Contents

Apa itu template?

Template blog merupakan cetakan dari desain tampilan blog, template ini berisi rangkaian kode-kode html atau kode pemrograman seperti css dan javascript yang menjadi dasar tampilan blog. Untuk pemula, mungkin sulit mengubah format karena kontennya sendiri sangat kompleks. Tapi, di bagian ini, Anda tidak perlu khawatir tentang itu.

Ada banyak penyedia web template blog, dari yang gratisan hingga berbayar alias premium. Mana yang lebih baik, gratis atau premium? Semuanya baik-baik saja. Yang gratis bagus karena tidak ada biaya apapun, sedangkan yang premium bagus karena menawarkan fitur yang lebih nyaman dan keren. Jika Anda masih pemula, cobalah yang gratis terlebih dahulu, tetapi pastikan Anda memilih tema yang responsif.

Bagaimana cara mengganti template blog?

jalanku

Kali ini pengelola menjelaskan cara mengganti template di Blogger. Cara mengganti template mudah, pertama silahkan download template gratis sesuai keinginan dari salah satu situs penyedia blog. Maka hasilnya akan menjadi .zip seperti gambar di bawah ini.

Ubah format blognya

Kemudian klik kanan dan pilih buka

Silahkan cari file yang berformat XML, jika saat pertama kali membukanya tidak ketemu, coba cari di beberapa folder.

Ubah template

Nah, setelah mengetahuinya, selanjutnya klik kananPilih Melihat dokumen

Ini akan menjadi seperti di bawah ini yang berisi html. Jangan pusing dulu

weblog

Langkah selanjutnya, silakan Salin 🀄 Salin semua kode di atas dengan CTRL + A lalu salin

Kemudian buka akun blog Anda, pilih Masalah > Sesuaikan > Mengedit HTML

Jadi gambar diatas adalah tampilan blogspot baru, hampir sama dengan gambar sebelumnya. Hanya yang baru ini yang lebih sederhana.

Selanjutnya, Anda menghapus semua HTML Tempel html yang sebelumnya Anda salin dari .zip

Lalu pilih penghematan Sekarang silahkan reload blog anda dan template sudah diganti.

Cukup dengan metode copy-paste

Metode kedua

  • Pilih menu template
  • Pilih Backup/Restore di pojok kanan
  • Klik pilih file, lalu pilih file xml yang Anda unduh
  • Kemudian, klik Unggah

Template blog Anda akan diganti secara otomatis

Mengubah format blog sesederhana itu ya, ada banyak cara mengubah format blog, namun cara ini yang paling cepat dan mudah. Cocok untuk blogger pemula yang masih baru di dunia blogging. semoga bermanfaat dan sukses.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *