Februari 24, 2024
Home » Cara Cepat Mengonversi Word ke PDF tanpa Software

Bagaimana cara mengonversi Word ke PDF tanpa perangkat lunak? Banyak pertanyaan tentang cara mengonversi file kata ke PDF dari semua pembaca. Nah disini saya akan mengulasnya secara lengkap dan detail.

Sampai saat ini masih banyak pengguna komputer yang bingung untuk mengubah file Microsoft Word menjadi PDF. Walaupun saat ini penggunaan file dengan ekstensi PDF masih terus berkembang. Mengingat dalam beberapa kasus file jenis ini memudahkan untuk membaca file berekstensi word.

Misalnya dalam pembuatan e-book. Tentunya bagi pembaca buku online akan lebih mudah dan jelas dalam membuat file PDF. Karena lebih akurat dan lebih mudah dibaca. Selain itu, PDF memiliki fitur dokumen yang dilindungi yang melindungi file Anda dari orang yang ingin menyalin data tanpa izin.

Contents

Konversikan Word ke PDF secara gratis

Konversi kata ke PDF online telah menjadi pilihan banyak pengguna yang ingin mengonversi file ekstensi kata ke PDF. Misalnya menggunakan program online Smallpdf dan pdfcandy. Kedua program sebenarnya dapat digunakan secara online untuk mengonversi file kata ke PDF secara gratis.

Namun, sisi negatifnya adalah Anda harus melakukannya secara online. Proses konversi Word ke PDF dilakukan hanya jika komputer terhubung ke Internet. Bagi yang memiliki akses internet yang baik, cara ini tentunya sangat cocok.

Tapi bagaimana dengan para pengguna yang tidak memiliki koneksi internet? Tentu saja, metode ini sulit digunakan.

Namun, pengguna Microsoft Word tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengonversi file word ke pdf tanpa menggunakan program apa pun. Ini karena Microsoft Word 2010 dan versi yang lebih baru telah memperkenalkan file ekstensi penyimpanan PDF. Jadi Anda dapat dengan mudah mengonversi file Microsoft Word ke PDF.

Bagaimana cara mengonversi Word 2007 ke PDF?

Mengonversi Word 2007 ke PDF secara manual tidak dapat dilakukan tanpa perangkat lunak seperti versi 2010 dan yang lebih baru. Karena tidak ada penyimpanan PDF di versi 2007. Untuk mengatasi masalah ini, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Perbarui Microsoft Word 2007 ke versi 2010 ke atas
2. Gunakan program online untuk mengonversi kata ke pdf seperti smallpdf atau pdfcandy

Cara cepat mengonversi Word ke PDF tanpa perangkat lunak

Konversi file word ke PDF tanpa software dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Gunakan Simpan sebagai PDF

Cara pertama adalah dengan mencoba menyimpan file ekstensi word dalam bentuk pdf. Di Microsoft Word, ada beberapa mode penyimpanan seperti dokumen kata, format teks kaya, dll. Kemudian ubah file save menjadi pdf, caranya :

Pastikan Anda menggunakan Microsoft Word versi 2010 atau lebih tinggi
Buka dokumen yang akan Anda konversi ke pdf
Pilih file
Kemudian pilih Simpan Sebagai
Di Simpan, pilih PDF sebagai jenis
Lalu klik Oke
File Microsoft Word Anda kemudian akan dikonversi ke PDF

2. Konversi format Word ke PDF secara langsung

Cara kedua sangat sederhana. Ikuti langkah ini:

Salin file kata yang ingin Anda konversi ke pdf
klik kanan pada file
Lalu, ganti namanya
Konversikan file doc atau docx ke pdf
Setelah itu akan muncul prompt yang mengatakan “Apakah Anda ingin menyimpan …”
Pilih Ya

Hasil

Demikianlah cara cepat convert Word ke PDF tanpa software dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Apakah Anda masih mengalami kebingungan? Jika masih ada pertanyaan yang ingin ditanyakan tentang cara convert word ke pdf tanpa software, silahkan beri komentar pada kolom di bawah ini.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *