Maret 1, 2024
Home » Cara Komplain JNE dengan Mudah tanpa Ribet

swapikir.com – Paket JNE yang sudah lama Anda tunggu tidak kunjung tiba atau melebihi estimasi waktu yang ditentukan? Anda bisa mengatasi masalah ini dengan komplain ke JNE yang kami bagikan. Silakan ajukan komplain atas keterlambatan paket Anda, baik itu paket yang Anda kirimkan maupun yang akan Anda terima dari JNE.

Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan pengiriman paket JNE? Misalnya paket JNE tidak pindah atau status JNE terkirim tapi barang tidak sampai, paket JNE salah alamat dan masalah lainnya? Keluhan terhadap JNE dengan masalah seperti itu masih sering terjadi.

Mohon pengertiannya, karena banyaknya pengguna jasa pengiriman ini, hal tersebut dapat menimbulkan masalah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, untuk mengetahui cara mengatasi masalah ini silahkan baca artikel ini sampai selesai. Kami akan membagikan cara mengajukan komplain ke JNE dengan cara yang mudah dan banyak digunakan.

Namun sebelum itu, jika Anda termasuk yang bertanya-tanya, apakah ada cara untuk mengadu ke JNE melalui WA? Kemudian kami akan menjawab bahwa metode ini belum tersedia. Mari kita mulai dengan beberapa metode yang tersedia sejauh ini untuk mengeluh tentang JNE.

Contents

Periksa tanda terima sebelum mengeluh

Sebelum mengajukan komplain, cek terlebih dahulu paket produk JNE untuk memastikan paket dikirim menggunakan layanan JNE. Hal ini untuk memudahkan pengajuan pengaduan nantinya. Berikut cara praktis yang bisa Anda coba:

  • Anda akan langsung masuk ke halaman jne.co.id
  • Di halaman tersebut terdapat kolom tracking pengiriman. Silakan masukkan nomor resi paket Anda di kolom tersebut
  • Jika sudah, silakan klik Lacak.
  • selesai

Lokasi paket Anda dilacak menggunakan metode di atas. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melacak kurir yang mengirim paket dan mencatat bahwa paket tersebut sudah ada di tangan perusahaan jasa yang mengantarkan paket ke alamat tujuan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui identitas Anda melalui nama pos dan nomor telepon, Anda dapat melacak Kurir JNE dengan dua cara berikut:

  • Pertama dengan mengecek resi JNE seperti di atas (posisi paket ada di tangan kurir)
  • Kedua, hubungi kantor JNE terdekat (minta nomor telepon perusahaan pengiriman yang mengantarkan paket Anda).

Mengetahui kontak perusahaan pengiriman, Anda dapat menghubunginya dan kemudian membantunya serta membimbingnya untuk dengan mudah menemukan alamat penerima kiriman. Tindakan ini dapat mempercepat paket yang Anda kirim atau terima setelah proses komplain.

Bagaimana cara komplain atas keterlambatan JNE

Seperti yang kami sebutkan di atas, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengadukan keterlambatan pengiriman JNE. Metode seleksi adalah sebagai berikut:

  • Komplain melalui halaman Ask Johnny
  • Hubungi layanan pelanggan
  • Email keluhan
  • Komplain melalui media sosial
  • Kunjungi kantor JNE terdekat

Pengaduan dapat dikirimkan ke JNE dengan cara di atas. Berikut penjelasan lengkapnya.

Komplain melalui halaman Ask Joni

Cara menghubungi Kurir JNE kini bisa melalui menu Tanya Joni yang disediakan oleh JNE. Ask Joni sendiri merupakan layanan yang diberikan JNE kepada pelanggannya untuk menyampaikan pesan yang bisa berupa keluhan. Laman Ask Joni merupakan formulir online yang dapat diisi dengan pengaduan dan JNE akan segera merespon.

Langkah-langkah untuk mengisi formulir adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka beranda jne.co.id/official, lalu pilih menu contact us.
  • Di halaman Hubungi Kami, silakan tanyakan kepada Johnny
  • Kemudian isi seluruh formulir sebagai berikut:
    nama depan dan nama belakang
    Alamat email anda
    Nomor telepon yang dapat dihubungi
    Untuk subjek, silakan pilih Layanan Pelanggan
    Isi keluhan Anda Buatlah keluhan yang ringkas dan jelas ya.
  • Jika semuanya sudah selesai, silahkan klik “kirim pesan” atau kirim pesan.

Setelah melakukan komplain melalui halaman Ask Joni, harap tunggu respon JNE. Biasanya JNE akan menghubungi Anda melalui nomor handphone yang sudah Anda masukkan di form. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa nomor tersebut selalu aktif agar .

Hubungi layanan pelanggan

Jika Anda tidak ingin menunggu dan membutuhkan waktu lama, Anda dapat menggunakan obrolan layanan pelanggan ini. Anda bisa langsung menghubungi Bagian Pengiriman Paket dari JNE. Silakan hubungi nomor layanan pelanggan kami > (021) 2927 8888.

Anda akan diarahkan ke bagian manajemen paket. Silakan laporkan masalah pengiriman paket Anda setelah menelepon. Nah, sebelum melakukan pemanggilan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. termasuk yang berikut:

  • Nomor resi pengiriman
  • Jenis layanan yang digunakan
  • Nama, alamat, dan nomor ponsel pengirim paket
  • Nama, alamat, dan nomor ponsel penerima paket
  • Karakteristik paket misalnya, wadah kaca, ukuran paket, dll.
  • Terjadi masalah, misalnya paket datang terlambat atau tidak dapat dipindahkan.

Ini biasanya yang akan ditanyakan JNE saat Anda menghubungi mereka untuk komplain. Jadi Anda harus mengingatnya dengan baik agar tidak mendapat masalah. Yang juga harus Anda ketahui adalah bahwa call center JNE adalah 24 jam. Namun mereka biasanya mengutamakan pelayanan pada jam kerja.

Ajukan keluhan Anda melalui email

Cara komplain keterlambatan JNE selanjutnya adalah dengan mengirim email ke customer service JNE. Alamat email layanan pelanggan JNE > customercare@jne.co.id

Mohon jelaskan masalah pengiriman paket Anda secara singkat dan jelas. Jangan lupa sertakan beberapa item yang disebutkan di bagian telepon layanan pelanggan di atas. Isi utas pengiriman dengan masalah pengiriman seperti paket tidak sampai atau paket dipindahkan. Jika menurut Anda semuanya berjalan dengan baik, kirim saja email.

Mohon tunggu email balasan dari JNE. Lamanya tergantung banyaknya komplain yang terjadi di JNE. Cara komplain ke JNE via email adalah salah satu pilihan cara komplain ke JNE ya sebagai layanan yang dipilih.

Komplain melalui MedSos JNE

Kita semua tahu bahwa ada banyak pengguna jejaring sosial saat ini. Bahkan media sosial tidak hanya menjadi sarana komunikasi, namun banyak yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk meningkatkan bisnis online. Mulai dari memperkenalkan bisnis, hingga memanfaatkannya sebagai tempat beriklan.

Tidak hanya itu, media sosial juga digunakan untuk melayani pengguna yang sedang menghadapi masalah, dan ini juga dilakukan oleh JNE. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengadukan keterlambatan JNE adalah dengan mengirimkan pesan ke JNE melalui media sosial.

Media sosial JNE yang dapat Anda hubungi adalah sebagai berikut:

Facebook > JNECentral
Instagram > jne_id
Twitter > JNE_ID

Silakan posting keluhan keterlambatan paket JNE atau masalah lainnya melalui media sosial di atas. Isi pesannya kurang lebih sama seperti yang dijelaskan pada bagian pengiriman pesan email di atas. Pilihan ini bisa dipilih sebagai cara komplain salah alamat JNE dan cara komplain paket nyasar ke JNE.

Komplain di kantor JNE terdekat

Oleh karena itu, jika terjadi keterlambatan paket JNE atau kendala lainnya, langkah selanjutnya dapat langsung ditanyakan kepada pegawai di kantor JNE terdekat. Jika Anda ke kantor JNE, Anda bisa melakukan cara komplain bahwa JNE salah kirim. Ingatlah bahwa Anda dapat melakukan ini jika kantor Anda tidak jauh dari tempat Anda berada.

Nah untuk mengetahuinya bisa cek google maps, setelah dicek jelas bisa sampai ke tempat tersebut, silahkan ke kantor JNE. Namun jika sebaliknya, sebaiknya gunakan cara lain untuk mengajukan komplain keterlambatan JNE. Bagaimana cara komplain JNE seperti ini? Tips cara komplain adalah sebagai berikut;

  • Kunjungi kantor perwakilan terdekat tempat kurir mengantarkan paket Anda.
  • Jelaskan masalah Anda secara detail; Siapa yang mengirim dan menerima dari?
  • Minta kurir untuk bertanggung jawab mengantar Anda ke alamat orang yang seharusnya tidak menerima paket Anda.
  • Jika tidak, minta perusahaan pengiriman untuk mengambil kembali paket Anda.

Tips kirim paket di JNE

Sebelum mengirim paket, Anda dapat menggunakan tips berikut. Dengan mengikuti tips dari kami ini, kami berharap masalah pengiriman dapat dikurangi sehingga paket dapat diterima dengan baik dan aman. Berikut tips lengkapnya.

Penggunaan asuransi paket

Ada baiknya memiliki polis asuransi pengiriman paket, jadi jika terjadi kesalahan lebih mudah ditangani. Menggunakan asuransi pengiriman sangat dianjurkan, apalagi jika paket Anda berisi barang-barang yang sangat penting. Hal ini menjamin keamanan paket sampai tujuan.

alamat lengkap

Masukkan nama, alamat, dan informasi kontak pengirim dan penerima paket. Tambahkan alamat selengkap mungkin, dimulai dengan nama jalan, nomor rumah, dan fitur rumah (warna, pagar, teras, dll). Anda dapat menambahkan beberapa elemen seperti rumah di sebelah gedung A, lapangan, mini market dll.

Kemas paket dengan aman

Yang dimaksud dengan aman di sini adalah memastikan paket dikemas dengan rapi dan aman. Misalnya kemasannya mudah rusak jika terkena cairan, harap gunakan nilon di dalamnya dan gunakan alas lantai. Atau bahkan paket dengan barang yang mudah rusak jika terkena bubble wrap atau packing kayu.

Tidak hanya pada kemasan paket, alamat yang tertera pada paket juga harus diperhatikan agar kurir dapat membacanya dengan jelas. Hal ini memudahkan ekspedisi dalam mengirimkan barang sehingga tidak salah alamat karena bermasalah atau bahkan salah alamat yang tertera di paket.

Selalu waspada terhadap penipuan

Hati-hati saat mengirim paket. Karena banyak sekali kasus penipuan yang dilakukan JNE. Sebaiknya kirim paket ke kurir JNE, jika ragu segera hubungi kantor JNE terdekat.

Ini tidak hanya cocok untuk Anda yang mengirim paket seperti biasa, tetapi juga untuk Anda yang sedang membangun bisnis atau bekerja sama dengan JNE. Jika ada yang melamar kerja sama dengan JNE, cek dulu faktanya.

Setelah mengetahui cara komplain JNE dan beberapa tips pengiriman parsel di JNE, ada baiknya Anda mengetahui apa itu JNE Trucking (JTR). JTR sendiri merupakan layanan pengiriman curah atau curah dengan menggunakan armada truk darat dan laut dengan harga yang terjangkau. Peraturannya adalah sebagai berikut:

  • Berat minimal paket yang dikirim adalah 10 kg.
  • Ini juga berlaku untuk pengiriman mesin.
  • Berlaku untuk transportasi domestik.
  • Tidak ada garansi uang kembali.

Nah bagaimana cara komplain delay reg JNE diatas, sangat mudah bukan? Tentunya sebelum mengajukan komplain, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu paketnya. Jika Anda benar-benar memiliki masalah, ajukan keluhan.

Anda bisa memilih salah satu cara di atas, mulai dari halaman Ask Joni hingga langsung ke kantor JNE untuk mengadukan keterlambatan JNE. Nah mungkin itu saja pembahasan kita kali ini, jika ada pertanyaan silahkan ke kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *