Mei 18, 2024
Home » cara melihat ukuran game di steam

Salam Sobat Dengtutor.id! Apakah kamu seorang gamer sejati? Jika iya, pasti kamu tidak asing dengan platform game populer bernama Steam. Di Steam, kamu dapat menemukan ribuan game yang siap untuk kamu mainkan. Namun, sebelum kamu mengunduh game tersebut, penting untuk mengetahui ukuran file yang harus kamu siapkan. Nah, dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara melihat ukuran game di Steam secara detail. Simak terus ya!

Contents

Pendahuluan

Bermain game mungkin adalah salah satu hobi favorit banyak orang di era digital ini. Tapi, sebelum kamu bisa menikmati permainan yang kamu inginkan, penting sekali untuk memahami spesifikasi yang dibutuhkan oleh game tersebut, termasuk ukuran file game itu sendiri. Mengapa ini penting? Karena ukuran file game akan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh game tersebut, dan juga apakah komputer atau laptopmu memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menyimpan game tersebut.

Mengapa kamu perlu mengetahui cara melihat ukuran game di Steam? Karena Steam adalah salah satu platform game terbesar di dunia, dan banyak game yang kamu ingin mainkan pasti tersedia di sana. Dengan mengetahui ukuran file game di Steam, kamu akan dapat mengatur waktu unduhan dengan lebih tepat, menghindari kekecewaan karena ternyata game tersebut terlalu besar, atau bahkan terlalu kecil. Jadi, siapkah kamu mengetahui cara melihat ukuran game di Steam? Mari kita mulai!

Cara Melihat Ukuran Game di Steam

Sebelum kamu dapat melihat ukuran game di Steam, pastikan kamu sudah memiliki akun Steam terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki akun, kamu bisa membuatnya dengan mudah dan gratis di situs resmi Steam. Setelah memiliki akun, ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat ukuran game di Steam:

Langkah 1: Buka Aplikasi Steam

Pertama-tama, buka aplikasi Steam di komputer atau laptopmu. Pastikan aplikasi tersebut sudah terinstall dengan benar. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya dari situs resmi Steam.

Langkah 2: Cari Game yang Ingin Dilihat Ukurannya

Setelah aplikasi Steam terbuka, cari game yang ingin kamu lihat ukurannya. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian di bagian atas layar atau menjelajahi katalog game untuk menemukan game yang kamu inginkan.

Langkah 3: Klik Kanan pada Nama Game

Setelah menemukan game yang kamu inginkan, klik kanan pada nama game tersebut. Akan muncul menu dropdown dengan berbagai pilihan.

Langkah 4: Pilih “Properti”

Dalam menu dropdown, pilih opsi “Properti”. Halaman properti game akan terbuka di jendela baru.

Langkah 5: Lihat Ukuran Game

Pada halaman properti game, pergilah ke tab “Lokal Files” (File Lokal). Di bagian bawah tab ini, kamu akan menemukan ukuran game yang ditampilkan dalam format “Ukuran total (total size)”.

Langkah 6: Catat Ukuran Game

Catat ukuran game yang terlihat di halaman properti tersebut. Kamu bisa membuka aplikasi pengolah kata atau menuliskannya di catatan pribadi, agar kamu tidak lupa dengan ukuran game tersebut.

Langkah 7: Gunakan Informasi Ukuran Game

Sekarang, kamu sudah mendapatkan informasi tentang ukuran game di Steam. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengatur waktu unduhan game, memastikan bahwa komputer atau laptopmu memiliki cukup ruang penyimpanan, dan menyesuaikan rencana bermainmu sesuai dengan ukuran file game tersebut.

Kelebihan Cara Melihat Ukuran Game di Steam

Ada beberapa kelebihan dalam cara melihat ukuran game di Steam. Berikut adalah penjelasan detailnya:

1. Mempermudah Perencanaan Unduhan

Dengan mengetahui ukuran game di Steam, kamu akan dapat merencanakan unduhan dengan lebih baik. Kamu bisa mengatur waktu unduhan saat sedang tidak menggunakan komputer atau laptop, atau memilih unduh secara bertahap jika ukuran game terlalu besar. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami keterbatasan akses internet saat sedang bermain game.

2. Menyimpan Ruang Penyimpanan yang Efisien

Ketika kamu tahu ukuran game di Steam, kamu bisa memastikan bahwa komputer atau laptopmu memiliki cukup ruang penyimpanan sebelum mengunduh game tersebut. Hal ini akan menghindarkanmu dari kejadian menyebalkan seperti gagalnya unduhan karena ruang penyimpanan penuh. Kamu juga dapat memilih untuk menghapus game yang sudah tidak terpakai untuk memberikan ruang tambahan.

3. Menghindari Kecewa karena Ukuran Game yang Tidak Memadai

Saat kamu melihat ukuran game di Steam, kamu juga akan mengetahui seberapa besar atau kecil game tersebut. Dengan mengetahui ukuran game sebelum mengunduhnya, kamu dapat menghindari kekecewaan jika ukuran game ternyata terlalu kecil sehingga tidak memenuhi ekspektasimu. Dengan begitu, kamu hanya akan mengunduh game dengan ukuran yang memadai dan sesuai dengan keinginanmu.

4. Menghemat Kuota Internet

Bagi kamu yang menggunakan kuota internet terbatas, mengetahui ukuran game di Steam akan membantumu mengatur penggunaan kuota dengan lebih efisien. Kamu dapat memilih untuk mengunduh game dengan ukuran yang sesuai dengan kuota internet yang kamu miliki, sehingga tidak akan menghabiskan kuota terlalu banyak hanya untuk mengunduh game.

5. Menyesuaikan Rencana Bermain

Ukuran game juga dapat mempengaruhi rencana bermainmu. Jika kamu hanya memiliki sedikit waktu luang, kamu bisa memilih untuk mengunduh game dengan ukuran yang lebih kecil agar bisa segera memainkannya tanpa harus menunggu lama. Sebaliknya, jika kamu memiliki waktu luang yang lebih panjang, kamu dapat memilih game dengan ukuran yang lebih besar untuk mengisi waktu luangmu.

Tabel: Informasi Lengkap tentang Cara Melihat Ukuran Game di Steam

No Langkah Keterangan
1 Buka Aplikasi Steam Pastikan aplikasi Steam terinstall dan buka aplikasi tersebut di komputer atau laptopmu.
2 Cari Game yang Ingin Dilihat Ukurannya Gunakan fitur pencarian atau jelajahi katalog game untuk menemukan game yang ingin kamu lihat ukurannya.
3 Klik Kanan pada Nama Game Pada daftar game, klik kanan pada nama game yang kamu inginkan.
4 Pilih “Properti” Dalam menu dropdown, pilih opsi “Properti” untuk membuka halaman properti game.
5 Lihat Ukuran Game Pada halaman properti game, pergi ke tab “Lokal Files” (File Lokal) dan temukan ukuran game yang ditampilkan.
6 Catat Ukuran Game Catat ukuran game yang terlihat di halaman properti tersebut.
7 Gunakan Informasi Ukuran Game Gunakan informasi ukuran game untuk mengatur unduhan dan rencana bermainmu.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, kamu sekarang sudah mengetahui cara melihat ukuran game di Steam dengan mudah. Menggunakan penjelasan dan panduan yang telah kami berikan, kamu dapat dengan cepat melihat ukuran file game sebelum mengunduhnya. Ini akan membantumu merencanakan waktu unduhan dengan lebih baik, menghemat ruang penyimpanan, dan menghindari kekecewaan karena ukuran game yang tidak memadai. Jadi, jangan ragu untuk mencoba cara ini saat mencari game baru di Steam!

Jika kamu memiliki pertanyaan atau komentar, jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar di bawah. Kami akan dengan senang hati membantu kamu. Semoga kamu menemukan artikel ini bermanfaat. Selamat bertualang di dunia game!

Disclaimer:

Artikel ini hanya bertujuan untuk informasi dan tidak berafiliasi dengan Steam. Semua merek dagang, gambar, dan logo yang digunakan dalam artikel ini adalah milik masing-masing pemiliknya.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *