Juni 16, 2024
Home » cara melihat viewer youtube kita

Contents

Oleh: Sobat Dengtutor.id

Halo Sobat Dengtutor.id, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan yang baik ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara melihat viewer YouTube kita. Bagi kamu yang aktif mengunggah konten di YouTube, tentu penting untuk mengetahui berapa banyak orang yang sudah menonton video-video kamu. Dengan mengetahui jumlah viewer, kamu bisa mengevaluasi performa video dan memperbaiki strategi kamu dalam mengembangkan saluran YouTube. Yuk, simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui caranya!

Pendahuluan

Sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu viewer YouTube. Viewer adalah orang-orang yang menonton video di saluran YouTube kamu. Melihat viewer YouTube sangat penting untuk mendapatkan wawasan tentang seberapa banyak orang yang telah menonton video kamu. Hal ini juga akan membantu kamu dalam mengembangkan audiens dan meningkatkan popularitas saluran YouTube kamu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat viewer YouTube kamu. Berikut penjelasannya.

1. Statistik YouTube

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah melalui fitur Statistik YouTube. Fitur ini akan memberikan informasi lengkap tentang jumlah tayangan, jumlah suka dan tidak suka, serta komentar yang diterima oleh video kamu. Untuk mengakses statistik YouTube, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka saluran YouTube kamu dan masuk ke Studio YouTube.

2. Pilih tab “Pemirsa” di menu sebelah kiri halaman.

3. Di bagian atas halaman, kamu akan melihat grafik yang menunjukkan perkembangan viewer video kamu.

4. Gulir ke bawah untuk melihat informasi lebih rinci tentang viewer video kamu.

2. Fitur Analisis Tontonan

Selain melalui Statistik YouTube, kamu juga bisa menggunakan fitur Analisis Tontonan (Watch Time Analytics) untuk melihat viewer YouTube kamu. Fitur ini memberikan informasi tentang berapa lama orang-orang menonton video kamu dan pada bagian mana mereka berhenti menonton. Untuk mengakses fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka saluran YouTube kamu dan masuk ke Studio YouTube.

2. Pilih tab “Analisis” di menu sebelah kiri halaman.

3. Di bagian atas halaman, kamu akan melihat grafik yang menunjukkan perkembangan watch time video kamu.

4. Gulir ke bawah untuk melihat informasi lebih rinci tentang tontonan video kamu.

3. Web Analytics

Selain melalui fitur YouTube, kamu juga bisa menggunakan layanan web analytics seperti Google Analytics untuk melihat viewer YouTube kamu. Dengan menggunakan Google Analytics, kamu dapat melacak berapa banyak pengunjung situs web kamu yang mengklik tautan menuju saluran YouTube kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Google Analytics dan masuk ke akun kamu.

2. Pilih situs web yang terkait dengan saluran YouTube kamu.

3. Di menu sebelah kiri, pilih “Akuisisi” > “Segmen” > “Semua Pengunjung” > “Pautan Keluar”.

4. Di bagian atas halaman, kamu akan melihat daftar tautan keluar yang diklik oleh pengunjung situs web kamu. Cari tautan menuju saluran YouTube kamu untuk melihat berapa banyak orang yang mengkliknya.

4. Social Blade

Selain menggunakan fitur resmi dari YouTube dan layanan web analytics, kamu juga bisa memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti Social Blade untuk melihat viewer YouTube kamu. Social Blade adalah platform yang memberikan statistik dan analisis tentang berbagai saluran YouTube. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Social Blade di browser kamu.

2. Masukkan URL saluran YouTube kamu pada kolom pencarian.

3. Klik tombol “Search”.

4. Akan muncul halaman yang menampilkan data statistik tentang saluran YouTube kamu, termasuk jumlah viewer.

5. Komentar dan Umpan Balik

Selain dari sumber-sumber di atas, kamu juga bisa melihat viewer YouTube kamu melalui seberapa banyak komentar dan umpan balik yang diterima oleh video kamu. Semakin banyak komentar dan umpan balik yang kamu terima, semakin banyak viewer yang tertarik dengan konten kamu. Jadi, jangan lupa untuk selalu merespon komentar dan umpan balik dari penonton kamu.

6. Analisis Video Individual

Selain melihat statistik secara keseluruhan, kamu juga bisa melihat detail viewer pada masing-masing video yang kamu unggah. Caranya adalah dengan membuka menu “Video” di Studio YouTube dan memilih video yang ingin kamu analisis. Di halaman video tersebut, kamu akan menemukan informasi tentang tayangan, suka dan tidak suka, serta komentar yang diterima oleh video tersebut.

7. Alat Analisis Pihak Ketiga

Selain Social Blade, ada banyak alat analisis pihak ketiga lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melihat viewer YouTube kamu. Beberapa alat yang populer antara lain VidIQ, TubeBuddy, dan Morningfame. Alat-alat ini memberikan informasi mendalam tentang performa video kamu, termasuk viewer, tayangan, dan pertumbuhan saluran.

8. Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Salah satu cara lain yang bisa kamu gunakan untuk melihat viewer YouTube kamu adalah dengan berkolaborasi dengan YouTuber lain. Dengan melakukan kolaborasi, kamu dapat menjangkau audiens baru dan potensial yang mungkin belum mengenal saluran YouTube kamu sebelumnya. Pastikan kolaborasi yang kamu lakukan sesuai dengan niche saluran kamu agar mendapatkan hasil yang optimal.

Kelebihan Cara Melihat Viewer YouTube Kita

Setelah mengetahui beberapa cara melihat viewer YouTube kita, kita akan membahas kelebihan-kelebihannya secara detail. Berikut penjelasannya.

1. Mengetahui Popularitas Konten

Salah satu kelebihan dari melihat viewer YouTube kita adalah untuk mengetahui popularitas konten yang kita unggah. Dengan mengetahui berapa banyak orang yang telah menonton video kita, kita dapat memahami seberapa menarik konten tersebut bagi audiens. Jika video kita memiliki banyak viewer, itu berarti konten kita populer dan disukai oleh banyak orang.

2. Meningkatkan Performa Video

Dengan melihat viewer YouTube kita, kita dapat menganalisis performa video kita. Dari statistik yang didapatkan, kita dapat melihat apakah video kita mendapatkan banyak tontonan atau tidak. Jika performanya kurang baik, kita bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki strategi untuk meningkatkan performa video kita di masa yang akan datang.

3. Mengidentifikasi Audience

Melalui melihat viewer YouTube kita, kita juga dapat mengidentifikasi audiens yang paling tertarik dengan konten kita. Dari statistik yang didapatkan, kita dapat melihat usia, jenis kelamin, dan lokasi geografis penonton kita. Hal ini akan membantu kita dalam merancang konten yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens kita.

4. Menarik Sponsor atau Brand

Jika saluran YouTube kita memiliki banyak viewer, ini dapat menjadi nilai tambah saat mencari sponsor atau brand yang ingin bekerja sama dengan kita. Jumlah viewer yang tinggi menunjukkan kepopuleran saluran kita dan potensi eksposur produk atau brand yang ingin bekerja sama dengan kita. Oleh karena itu, melihat viewer YouTube adalah hal yang penting untuk menarik perhatian sponsor atau brand potensial.

5. Meningkatkan Pendapatan

Terakhir, melihat viewer YouTube dapat membantu kita dalam meningkatkan pendapatan dari saluran YouTube kita. Semakin banyak viewer yang menonton video kita, semakin besar kemungkinan kita mendapatkan penghasilan melalui iklan YouTube. Dengan tahu berapa banyak viewer kita, kita dapat mengevaluasi dan meningkatkan pendapatan yang dihasilkan dari saluran YouTube kita.

Tabel: Cara Melihat Viewer YouTube Kita

No. Cara Deskripsi
1 Statistik YouTube Melalui fitur Statistik YouTube di Studio YouTube.
2 Fitur Analisis Tontonan Melalui fitur Analisis Tontonan di Studio YouTube.
3 Web Analytics Menggunakan layanan web analytics seperti Google Analytics.
4 Social Blade Melalui layanan pihak ketiga seperti Social Blade.
5 Komentar dan Umpan Balik Melalui jumlah komentar dan umpan balik yang diterima oleh video.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara melihat viewer YouTube kita, kita dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk meningkatkan performa video dan mengembangkan saluran YouTube kita. Dengan mengetahui jumlah viewer, kita dapat mengevaluasi popularitas konten, meningkatkan performa video, mengidentifikasi audience, menarik sponsor atau brand, serta meningkatkan pendapatan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan cara-cara di atas dan melihat viewer YouTube kita secara teratur.

Ada banyak sumber yang dapat kita gunakan untuk melihat viewer YouTube kita, mulai dari fitur resmi YouTube, layanan web analytics, hingga alat analisis pihak ketiga. Pilihlah cara yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Selain itu, jangan lupa untuk selalu merespon komentar dan umpan balik dari penonton kamu, karena interaksi dengan audience juga penting dalam membangun saluran YouTube yang sukses.

Terima kasih telah membaca artikel ini, Sobat Dengtutor.id! Semoga informasi yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kamu dalam mengembangkan saluran YouTube kamu. Jangan lupa untuk terus berkreasi dan menghasilkan konten-konten yang menarik untuk menarik perhatian viewer YouTube kamu. Tetap semangat dan sukses selalu!

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan sebagai panduan umum dalam melihat viewer YouTube kita. Aktualisasi dan pengembangan konten lebih lanjut dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *