Mei 25, 2024
Home » Cara Memilih Lokasi Bisnis yang Tepat

Bagaimana memilih lokasi bisnis yang tepat – Memulai bisnis, satu hal yang harus Anda fokuskan adalah lokasi. Beberapa kesalahan pengaktifan dapat diperbaiki nanti, tetapi memilih lokasi yang salah terkadang tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki rencana riset yang matang sebelum menandatangani kontrak resmi sewa tempat untuk membuka usaha.
Katakanlah Anda berencana untuk memulai bisnis memasak/memasak. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memulai.

  1. Mengidentifikasi target pelanggan

Pelanggan adalah faktor penentu dalam penjualan Anda, jadi sebelum Anda mulai mencari tempat untuk berbisnis, Anda perlu menentukan dengan tepat apa yang Anda tuju. Riset untuk mendapatkan informasi seperti jenis kelamin, usia, pekerjaan, gaya hidup, pekerjaan, hobi bahkan tempat liburan. Di mana mereka menghabiskan akhir pekan? Dll.
Contohnya: jika ingin membuka stand makanan untuk para pekerja kantoran, tentunya tempat yang berada di tengah kawasan, dekat gedung perkantoran yang besar harus menjadi prioritas.

  1. Saldo anggaran untuk sewa ruang

Uang juga menjadi faktor utama dalam memutuskan apakah mencari lokasi di jalan besar, jalan kecil, atau di gang. Dalam anggaran ini, Anda harus menghitung untuk memastikan bahwa situs tersebut dapat dipertahankan setidaknya selama satu tahun, terlepas dari apakah Anda dapat memulihkan investasi Anda atau tidak.
Singkatnya, tujuannya adalah Anda harus menemukan lokasi bisnis yang strategis, nyaman, dan murah. Namun sangat sulit untuk membicarakan konsep murah dan mahal, karena setiap orang memiliki standar yang berbeda. Namun secara umum, tingkat pembayaran sewa harus proporsional dengan keadaan keuangan.

Investor cerdas adalah orang yang rela menghabiskan ratusan juta untuk tempat yang bisa sangat menguntungkan, daripada menghabiskan beberapa juta untuk mendapatkan tempat yang biasa-biasa saja.

Pada akhir periode ini, Anda harus memiliki gambaran yang jelas tentang lokasi persewaan di daerah mana, kondisinya apa, dan berapa harga sewanya.
Pengalaman dalam memilih lokasi usaha restoran

Bagaimana cara memilih lokasi bisnis?

Pemilik bisnis harus meluangkan waktu untuk memverifikasi informasi yang dipelajari. Memeriksa tempat yang dipilih untuk mempersingkat daftar dan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan terperinci akan membantu Anda membuat keputusan lebih mudah. Habiskan 80% waktunya untuk membaca informasi transaksi dan 20% langsung ke survei.

Baca juga:

Anda bisa menemukan banyak tempat yang sesuai dengan kriteria Anda. Sekarang saatnya memilih tempat terbaik untuk memulai bisnis memasak. Anda harus memberikan kriteria yang sangat spesifik untuk menghapus daftar yang tidak sesuai dengan cepat.

pertamakriteria pelanggan adalah target yang Anda jelaskan di atas.
Mari kita lihat demografi penduduk daerah tersebut. Rasio jenis kelamin, usia rata-rata, pendapatan rata-rata, tingkat pengeluaran, dll

Memproses informasi yang diterima pelanggan: Anda perlu mengetahui informasi tentang seberapa sering Anda makan, berapa banyak Anda membayar untuk setiap kali makan. Secara khusus, seperti restoran yang mereka kunjungi, gaya apa, makanan favorit mereka.

KeduaTemukan informasi tentang pesaing Anda.
Anda harus mengetahui pesaing yang aktif dalam bisnis restoran, makanan dan gaya restoran tersebut, metode bisnis, dll.

Ketigapelajari dengan cermat lokasi restoran dan kondisi lalu lintas di depannya: jalan utama atau gang, lalu lintas per menit, jalan satu arah atau dua arah, banjir saat hujan lebat, dll.
Parkir mobil, sepeda motor, keamanan dan biaya parkir (jika ada)

Inspeksi infrastruktur lalu lintas, perumahan, pusat komersial, dalam radius 3 kilometer di sekitar Warang.

KeempatMenilai kesesuaian setiap situs:

  • sebagai pemilik; Tempat pertama harus nyaman untuk Anda secara pribadi. Selain itu, apakah Anda mudah bepergian dari rumah ke tempat kerja. Jika ruangan tidak nyaman mengingat faktor-faktor di atas, Anda salah memilih tempat untuk membuka warung atau restoran.
  • Untuk pengunjung: Tolong jawab pertanyaan “Apakah nyaman bagi pelanggan Anda untuk mendirikan stan di lokasi tersebut?”. Kenyamanan memiliki banyak arti di sini, seperti lalu lintas yang nyaman (jalan satu arah atau dua arah), area yang aman dan terjamin, tempat parkir yang luas.
  • Untuk karyawan: Anda akan berpikir ini tidak masalah karena ketika Anda pertama kali merekrut karyawan, mereka harus menerima persyaratan Anda jika ingin tetap tinggal. Namun, jika lokasi usaha tidak menguntungkan (misalnya terlalu jauh dari rumah mereka) maka akan sulit bagi Anda untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang baik.
  • Negosiasi dengan pemilik tanah

Jangan ragu untuk melakukannya, jika tuan tanah benar-benar membutuhkan uang sewa, dia bersedia duduk di meja perundingan. Bagi Anda, investor harus mengeluarkan banyak uang, jadi menabung sedikit ekstra tidaklah berlebihan.
Prinsip selanjutnya didasarkan pada strategi kemenangan. Menang adalah win-win, Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dan pemilik memiliki apa yang mereka butuhkan. Jika pemilik tidak memperbaharui di akhir kontrak, Anda juga akan rugi karena bisnis restoran sudah stabil, pelanggan sudah mengetahui tempatnya dan memiliki brand name. Ketika tuan tanah tidak menerima manfaat yang memuaskan, mereka mungkin menemukan cara yang merusak untuk memiliki kembali rumah mereka.

Tanda tangani sewa

Langkah terakhir ini sangat penting. Apa yang dicapai setelah negosiasi harus secara jelas dan rinci tercermin dalam kontrak.

Kontrak wajib harus mencakup semua hal berikut:

  • Harga sewa tempat
  • luas lahan
  • Menyetorkan
  • Waktu sewa ruang
  • Kenaikan harga tahunan
  • Tanggal pengiriman situs
  • Kondisi tempat sewa pada saat pengiriman
  • Waktu untuk pemberitahuan di muka jika sewa dihentikan
  • Pengaturan kompensasi lainnya, jika ada

Investor harus secara jelas menyepakati biaya yang relevan dalam kontrak dan menyatakan setiap item dengan jelas untuk memudahkan pelacakan: biaya notaris, biaya perbaikan (jika ada), waktu perbaikan, dll. Hal itu menjadi dasar untuk menurunkan harga sewa tempat tersebut.

Jika tuan tanah takut untuk menulis kontrak, bantu dia segera melakukannya. Atau jika investor tidak mengetahui tentang hukum, mintalah pengacara atau seseorang yang berpengalaman untuk menyiapkan template kontrak untuk Anda.

Kontrak harus diaktakan. Pada tahap ini, notaris akan mengkonfirmasi kepada Anda apakah dia adalah pemilik sebenarnya dari properti tersebut atau bukan. Jika ada masalah pada tahap ini, bicarakan lagi dengan pemilik dan minta dia menunjukkan dokumen yang diperlukan untuk mengonfirmasi kontrak ini. Karena kerepotan administrasi yang dapat mengganggu usaha memasak Anda.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *