
Bagaimana Anda memilih nama merek yang langsung diingat pelanggan ketika mereka datang ke toko Anda? Bagaimana penamaannya agar tidak tertukar dengan merek lain? Bagaimana cara memberi nama agar unik dan mudah diingat?
Saat Anda memilih nama untuk merek Anda, banyak pertanyaan muncul. Artikel ini membahas cara memilih nama merek yang tepat untuk bisnis atau perusahaan Anda.
Gunakan metode pencitraan merek apa pun untuk memfilter opsi yang paling khas dan bermakna, sehingga lebih mudah diingat konsumen lebih lama.
Baca juga:
Bagaimana memilih lokasi bisnis yang tepat
Bagaimana memilih nama merek yang unik untuk bisnis Anda

- Gunakan nama pribadi Anda untuk branding
Menggunakan nama Anda sendiri untuk menamai sebuah merek mungkin sudah terdengar asing. Namun, karena keakrabannya, mudah dibayangi di mata konsumen.
Jadi, ketika menggunakan nama pribadi untuk memberi nama merek, jika nama Anda tidak unik, Anda perlu mengubahnya agar sangat unik, mudah diingat, mudah tertanam di alam bawah sadar konsumen. .
Selain menggunakan nama asli Anda, Anda juga dapat menggunakan nama panggilan dan kata ganti Anda untuk menggabungkan nama bisnis
Selain itu, dimulai dengan nama Anda, Anda juga dapat menggabungkan singkatan dengan kombinasi lain untuk membantu menjadikan merek tersebut unik. - Gunakan atribut produk untuk menamai produk itu sendiri
Branding ini juga dapat membantu pelanggan langsung memahami apa yang Anda jual, layanan apa yang Anda tawarkan. Ini mungkin nomenklatur paling klasik tentang cara memilih nama merek di artikel ini.
Namun, metode penamaan ini hanya cocok untuk item bisnis baru dengan sedikit persaingan di pasar untuk menarik pelanggan.
Manfaat dari penamaan ini adalah ketika sampai pada itu, konsumen tahu tentang merek Anda, apakah itu yang mereka cari.
Namun, kekurangannya adalah sulit dijawab dalam jangka panjang. Karena seiring perkembangan dan perubahan bidang Anda, nama merek lama mungkin tidak lagi relevan. Saat itu, kampanye identitas merek baru membutuhkan banyak uang dan usaha. - Nama merek sesuai dengan alamat atau nama tempat
Selain menggunakan nama, Anda juga bisa menggunakan nomor rumah, nomor jalan, dan lain-lain untuk mempertegas dan membekas di mata konsumen.
Berikut adalah beberapa cara memberi nama bisnis berdasarkan alamat atau tempat yang dapat Anda kunjungi:
Bisnis Kustom: Gunakan nama lokal dari spesialisasi tersebut untuk membuat nama merek atau nama toko Anda
Pilih nama tempat secara bertahap yang menunjukkan asal dan asal produk.
Jika produk Anda adalah usaha patungan, Anda dapat menggunakan kombinasi nama negara untuk memberikan branding
Gunakan nama provinsi untuk membuat nama toko, nama merek.
Namun, nama dagang yang terkait dengan alamat dan lokasi seringkali sulit dilindungi seluruhnya atau hanya sebagian.

- Dinamai sesuai dengan karakteristik toko
Cara ini lebih cocok untuk penamaan usaha kecil makanan dan hiburan dibandingkan produk lainnya. Toko yang berbeda dalam hal lokasi, fasad, atau etalase memiliki fitur yang dapat dikenali yang dapat Anda gunakan untuk menamai toko Anda. - Memancing rasa ingin tahu
Kit Kat, Coca Cola
Ketika Anda melihat nama-nama brand seperti ini, Anda mungkin tidak langsung mengerti maksudnya, namun hal itu menimbulkan rasa penasaran yang membuat Anda ingin menjelajahinya.
Padahal jika kita cek, nama-nama merek tersebut semuanya memiliki makna yang dalam, bisa jadi merupakan singkatan dari kata-kata yang memiliki makna majemuk. - Gunakan bahasa asing untuk mencari nama
Berbicara bahasa asing terdengar sangat profesional dan membuat produk dan layanan Anda cukup maju, bukan?
Inilah salah satu alasan mengapa skema penamaan ini begitu populer, meski merupakan merek Vietnam. Metode penamaan ini membantu brand Anda agar tidak repetitif, baru, mewah, menarik pelanggan namun tetap memiliki banyak arti. - Gunakan transkripsi audio untuk penamaan
Menggunakan transkripsi audio untuk memberi nama merek adalah cara yang sangat cerdas untuk melakukannya. Suara sehari-hari yang familier membuat merek lebih berkesan.
Beberapa merek menggunakan sebutan ini, seperti:
TIC Tac
