April 20, 2024
Home » Cara Menggunakan Google Bisnisku untuk Menarik Pelanggan

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana sebuah bisnis muncul di Google? Bagaimana Google tahu persis di mana mereka berada, bagaimana cara menghubungi mereka, dan jam berapa mereka buka? Semua berkat Google untuk bisnis saya. Jadi, bagaimana Anda menggunakan Google Bisnisku? Sebelum membahasnya, baca dulu ulasan tentang Google Bisnisku.

Contents

Apa itu Google Bisnisku?

Google My Business (GMB) atau Google Bisnisku adalah fitur gratis yang disediakan oleh Google. Mengizinkan pemilik bisnis membuat profil singkat yang menunjukkan: nama, alamat kantor, nomor telepon, jam buka, tautan situs web, dll. ditempatkan di halaman Google Maps.

Langkah penting pertama dalam setiap strategi SEO lokal adalah mengklaim dan memverifikasi bisnis Anda di Google Bisnisku (GMB).

Saat seseorang menelusuri bisnis Anda di Google, informasi yang digunakan untuk menyiapkan profil yang diambil dari laman Google Bisnisku disertakan dalam hasil penelusuran. Ini akan memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari bisnis Anda, Anda perlu tahu persis cara menggunakan Google Bisnisku

Manfaat Google untuk bisnis saya

Jika Anda bertanya apa saja manfaat Google Bisnisku? Apakah itu penting bagi pebisnis? Tentu saja itu penting

  • Membantu mengelola informasi Anda

Dengan Google Bisnis, Anda dapat dengan mudah mengelola informasi yang dilihat pengguna Google saat mereka menelusuri bisnis Anda atau produk dan layanan yang Anda tawarkan. Bisnis yang memverifikasi informasinya dengan Google Bisnisku biasanya dua kali lebih mungkin dianggap sebagai bisnis yang bereputasi baik oleh konsumen. Saat orang menemukan bisnis Anda di Google Maps dan Google Penelusuran, pastikan mereka memiliki akses ke informasi seperti jam buka, situs web, dan alamat bisnis Anda.

  • Berinteraksi dengan pelanggan

Salah satu manfaat besar Google Bisnis adalah membantu Anda membaca dan menanggapi ulasan pelanggan dan memposting foto tentang apa yang Anda lakukan.

Google mengatakan bisnis yang menambahkan foto ke daftar mereka mendapatkan 42 persen lebih banyak permintaan petunjuk arah mengemudi di Google Maps dan 35 persen lebih banyak klik melalui situs web mereka daripada bisnis yang tidak menggunakan GMB.

Cara mendaftar di Google Bisnisku

Dengan manfaat besar Google Bisnis yang membantu merek Anda mempromosikan manfaat pemasaran yang hebat, mulailah dengan panduan singkat tentang cara mendaftar ke Google Bisnis hanya dalam 5 langkah mudah di bawah ini.

Pertama, mulailah mengakses dari tautan: google.com/business dan tekan tombol mulai untuk mendaftar.

Langkah 1: Masukkan nama bisnis Anda

Setelah mengisi, klik Berikutnya untuk menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google dan melanjutkan.

Langkah 2: Menambahkan lokasi bisnis.

Saat pelanggan menelusuri bisnis Anda, lokasi ini akan muncul di Google Maps dan Google Penelusuran.

Setelah mengklik Ya, tabel alamat akan muncul. Anda hanya perlu mengisi informasi alamat lalu klik Next. Untuk menyelesaikan langkah ini, tentukan lokasi Anda seperti yang ditampilkan di Google Maps.

Google kemudian akan menanyakan apakah Anda memiliki lokasi lain. Jika bisnis Anda memiliki beberapa alamat, klik Ya.

Langkah 3: Pilih kategori yang sesuai

Pilih kategori utama yang menjelaskan seluruh bisnis Anda. Jangan menambahkan beberapa kategori ke daftar semua produk dan layanan Anda. Gunakan kategori tambahan untuk memberi tahu lebih banyak tentang layanan spesifik yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

Langkah 4: Pilih detail kontak

Anda dapat memilih nomor telepon hotline, URL situs web, atau keduanya seperti yang ditampilkan di Google.

Langkah 5: selesai

Kemudian, setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan pendaftaran Google Bisnis Anda.

Bagaimana cara menggunakan Google Bisnisku?

Yang perlu Anda ketahui adalah cara menggunakan Google Bisnisku. Bagaimana? Google Business menawarkan beberapa fitur dashboard yang dapat memudahkan Anda mengelola Google Business, antara lain:

Manajemen tempat:

Memungkinkan Anda mengelola lokasi saat ini. Ada kasus di mana Anda mengelola beberapa lokasi dalam satu akun.

Akun tertaut:

Ini adalah bagian yang memungkinkan Anda menautkan akun bersama. Misalnya, Anda dapat menautkan akun iklan di Google.

Memesan:

Ini adalah bagian di mana Anda dapat mengatur pengaturan bahasa, ulasan tampilan, gambar dan beberapa pengaturan lainnya.

Mendukung:

Jika ada pertanyaan tentang penggunaan Google Bisnisku atau pengelolaan Google Bisnisku, Anda dapat membuka dukungan untuk menemukan jawaban atau mengirimkan pertanyaan langsung ke tim dukungan Google.

Baca juga:

Bagaimana menentukan harga jual produk

Kelola item Google Bisnisku

Memposting artikel baru atau mengelola artikel, di bagian ini terdapat opsi untuk berbagai format posting seperti:

Anda dapat membagikan informasi terbaru tentang bisnis Anda, seperti: perubahan nomor telepon perusahaan atau produk baru, dll. Anda dapat menulis artikel dengan konten maksimal 1500 karakter beserta gambar/video sebagai ilustrasi.

Selain itu, terdapat tombol untuk membantu mempromosikan penjualan untuk bisnis Anda, seperti: pre-order, belanja online, beli, pelajari lebih lanjut, dll.

Anda diperbolehkan mengirimkan konten hingga 1500 karakter dengan gambar atau video. Memperbarui nama dan waktu acara membantu pelanggan mendapatkan informasi dasar.

Selain itu, konfigurasi tombol juga menawarkan opsi seperti: pre-order, beli online, beli, pelajari lebih lanjut, … sehingga Anda dapat memilih konfigurasi yang paling sesuai.

Anda dapat memberikan kode kupon kepada pelanggan Anda sehingga mereka dapat membeli produk Anda dengan harga terbaik. Ini membantu merangsang pengalaman berbelanja dan produk / layanan pelanggan.

Bagian ini berfokus pada produk/jasa. Anda akan memberikan informasi terperinci tentang produk dan layanan bisnis. Harga masing-masing jenis produk terlampir.

Semua informasi yang benar membantu meningkatkan tingkat pengalaman berbelanja dan pelanggan. Lantas, apa saja informasi penting dan esensial di Google Bisnisku?

  • Nama Toko: Anda harus mencantumkan produk/jasa yang Anda tawarkan.
  • Industri: Pilih minimal 3 profesi yang dekat dengan bidang usaha Anda. Tujuannya adalah untuk membantu Google mengetahui produk apa yang Anda tawarkan? Dari sana, dapat menautkan data dan mengembalikan hasil ke pengguna saat mereka menelusuri.
  • Tempat pemasok: Di mana Anda memasok produk/jasa Anda?
  • Uptime: Perbarui uptime bisnis.
  • Waktu Khusus: Ini adalah saat bisnis Anda sedang liburan atau ada acara khusus.
  • Nomor telepon dan alamat situs web: Kedua informasi ini sangat penting dan harus benar-benar akurat. Ini sangat penting jika toko Anda memiliki bisnis online.
  • Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan informasi umum tentang bisnis Anda, tanggal pendirian, dan citra perusahaan.

Di sinilah Google Bisnisku memperbarui data pelanggan. Ini akan membantu Anda memahami pelanggan potensial Anda dengan lebih baik. Setelah itu, strategi bisnis dan manajemen GMB yang lebih baik diberikan untuk pengembangan toko.

Mengambil pelanggan yang mencari berdasarkan waktu (minggu/bulan) membantu Anda lebih memahami produk/layanan apa yang dicari pelanggan Anda?

Cara pelanggan menemukan bisnis Anda terkait langsung dengan nama bisnis, alamat, atau bisnis Anda dari industri lain.

Tempat pelanggan melihat bisnis Anda: di penelusuran atau di peta.

Apa tindakan pelanggan saat melihat peta bisnis? Kunjungi situs web Anda, hubungi bisnis Anda, atau temukan jalan ke toko Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi untuk meningkatkan bisnis Anda untuk mengembangkannya lebih baik.

Menjawab pertanyaan dengan cepat adalah salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Ulasan pelanggan membantu Anda mengidentifikasi dan meningkatkan kekuatan Anda. Selain itu, ulasan dan peringkat bintang juga memengaruhi peringkat pencarian Anda di Google Maps.

Bagaimana jika saya menerima ulasan yang buruk atau tidak jujur? Jika demikian, harap laporkan ke tim Google untuk ditinjau dengan mengeklik bagian “Tandai sebagai tidak pantas”.

Jangan lupa untuk memposting foto profil serta foto sampul untuk bisnis Anda. Selain itu, saat mengelola Google Maps, Anda juga harus memposting foto atau video produk/layanan bisnis Anda secara rutin. Ini membantu meningkatkan perhatian pelanggan dan tingkat konversi pembelian.

Setelah Anda memberikan informasi yang diperlukan secara lengkap, Google akan secara otomatis memperbarui informasi ini di konten situs web, atau Anda dapat mengirimkan konten tambahan.

Anda dapat mengelola akun Google Bisnisku dengan peran seperti:

  • pemilik
  • manajer
  • Manajer media

Untuk membantu mengelola Google Bisnisku, Anda dapat mengelola izin ini sepenuhnya.

Anda dapat menggunakan pembuatan iklan untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun, Anda hanya boleh menggunakan fitur ini jika Anda mengetahui tentang Google Ads

Apa yang harus saya lakukan di Google Bisnisku saat mengubah lokasi bisnis atau memperluas cabang? Satu akun dapat mengelola beberapa lokasi bisnis.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *