Mei 25, 2024
Home » Cara Screenshot Samsung A10 dengan Mudah dan Praktis

swapmind.com – Karena sistem operasi Android 10 berlapis dengan antarmuka pengguna One UI 2.0, metode screenshot Samsung A10 tidak jauh berbeda dengan ponsel Samsung jenis lainnya. Bagi Anda yang sering membagikan cerita obrolan di WA atau media sosial lainnya, Anda dapat menyimaknya dengan cara berikut.

Samsung Galaxy A10 diperkenalkan ke pasar Indonesia pada Februari 2019 lalu dan langsung menarik perhatian konsumen Indonesia karena memiliki spesifikasi hardware dan software terbaik di kelasnya. Secara desain, ponsel Samsung ini mengusung konsep layar Infinity-V.

Ini berarti memiliki layar berbentuk V 6,2 inci yang menghasilkan resolusi HD+ (720 x 1520 piksel). Layarnya berjenis IPS LCD dan memiliki pinggiran yang relatif tebal, terutama di bagian dagu. Pindah ke belakang, ada kamera 13 megapiksel dengan bukaan f/1.9 yang disusun secara vertikal dengan LED flash.

Sedangkan kamera depannya menggunakan sensor 5 megapiksel f/2.0. Nah, di balik bodi plastiknya ini, Samsung menyematkan prosesor Exynos 7884 (14 nm) dengan CPU octa-core (2 x 1.6 GHz Cortex-A73 dan 6 x 1.35 GHz Cortex-A53) serta GPU Mali-G71. MP2.

Chip tersebut dipasangkan dengan dua opsi RAM dan penyimpanan internal, yakni RAM 2,32GB dan 4,64GB. Kapasitas penyimpanan internal ini masih bisa diperluas hingga 256 GB melalui kartu microSD. Di antara banyaknya keunggulan yang ditawarkannya, membuat banyak orang mencari cara untuk mengambil screenshot tanpa tombol dari Samsung A10.

Itulah sekilas tentang spesifikasi Samsung Galaxy A10. Lalu bagaimana cara mengambil screenshot di Samsung A10 tanpa tombol? Tenang, karena kami telah membahas berbagai cara screenshot Samsung yang bisa Anda coba. Harap hanya memperhatikan diskusi berikut;

Contents

Cara mengambil screenshot dari Samsung A10 tanpa repot

Meski harga Samsung A10 relatif terjangkau, spesifikasinya mumpuni dengan layar seluas 6,2 inci. Selain layar yang diusung oleh Samsung Galaxy A10 ini terlihat menawan dengan resolusi layarnya karena memiliki tampilan visual yang jernih beresolusi HD.

Namun, masih banyak pengguna ponsel Samsung yang kesulitan mempraktekkan cara mengambil screenshot dari ponsel Samsung A10 mereka. Karena banyak hal di layar yang bisa ditangkap dengan mengambil screenshot. Dalam ulasan kali ini, kami memberikan cara mudah untuk mengambil screenshot penuh Samsung A10.

Namun sebelum melanjutkan pembahasan, kami akan menjawab terlebih dahulu pertanyaan, apakah screenshot Samsung A10 berbeda dengan ponsel Samsung A10 biasa? Lalu jawabannya sama. Pasalnya kedua ponsel ini hanya berbeda seri, namun keduanya termasuk dalam tipe ponsel Samsung A yang semakin banyak digunakan.

Melalui tombol fisik

Cara pertama dan termudah untuk mengambil screenshot Samsung A10 adalah dengan menggunakan tombol yang ada di ponsel. Semua HP Samsung sudah pasti dilengkapi dengan fitur mengambil screenshot dengan tombol fisik. Cara mengambil screenshot Samsung A10 dengan jari Anda adalah metode yang populer dan umum.

Pengguna Samsung Galaxy A10 bisa menggunakan kombinasi dua tombol fisik (Power + Volume Down) untuk mengambil screenshot. Cara ini sangat populer terutama di kalangan pengguna ponsel Android. Bahkan selain HP Samsung, cara ini juga bisa diterapkan pada HP Android dari pabrikan lain seperti Xiaomi, Realme, Oppo, Vivo, Asus, dll.

Anda perlu mengarahkan layar ke area yang ingin Anda screenshot.

Kemudian cukup tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan. Karena jika tidak, Anda mungkin akan mengunci layar atau menolak nada dering.

  • Jika layar Samsung A10 Anda berkedip-kedip, berarti screenshot sudah selesai dan hasilnya otomatis tersimpan di galeri.

Anda dapat mengambil tangkapan layar atau screenshot hanya dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Jangan lupa tunggu beberapa detik hingga ponsel mengambil screenshot.

melalui menu asisten

Menu Asisten adalah fitur unik yang dirancang oleh Samsung untuk memudahkan pengguna mengakses tombol perangkat keras dan semua bagian layar tanpa menyentuh atau bergerak.

Dengan kata lain, menu asisten dapat digunakan untuk melihat aplikasi terbaru, membuka layar beranda, kembali, mengatur volume, mengunci layar, mengambil tangkapan layar, dan mematikan ponsel.

Untuk dapat menggunakan fitur ini terlebih dahulu harus masuk ke menu setting, pilih menu Accessibility > Interaction & Dexterity lalu aktifkan tombol geser di samping menu Assistant.

Setelah diaktifkan, Anda akan melihat bola mengambang di sisi kanan layar seperti Assistive Touch pada perangkat Apple, ketuk bola tersebut dan pilih tangkapan layar.

Penggunaan tangan

Langkah selanjutnya adalah menggunakan gesekan untuk mengambil tangkapan layar. Cara ini bisa anda praktekkan dengan melakukan setting di menu setting handphone. Berikut cara mengatur menu di pengaturan untuk mengaktifkan mode gesek:

  • Masuk ke menu pengaturan
  • Cari menu “Fitur Lanjutan”.
  • Kemudian Anda dapat memilih menu gerakan.
  • Anda kemudian dapat memilih Palm Swipe untuk mendapatkan menu.
  • Kemudian fitur scrib otomatis diaktifkan dengan menyeret secara manual.

Cara menggunakan gesek untuk mengambil tangkapan layar

  • Tempatkan layar untuk mengambil tangkapan layar
  • Kemudian tekan tombol volume bawah + power atau gunakan fitur screenshot motion
  • Setelah itu, akan muncul menu screenshot di bagian bawah layar
  • Kemudian klik icon panah bawah, maka akan muncul screenshot panjang
  • Jika tidak terlalu panjang, silakan klik ikon di atas
  • Jika Anda memiliki tangkapan layar, itu akan disimpan di galeri

Menggunakan Game Launcher

Seperti namanya, fitur ini hanya tersedia saat Anda membuka aplikasi game. Namun sebelumnya Anda harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu.

  • Buka menu Setting, pilih Advanced features, lalu aktifkan tombol scroll di sebelah menu Game Launcher.

Untuk menggunakannya, cukup klik ikon Game Launcher dan pilih tangkapan layar seperti gambar di bawah ini. Sama seperti yang pertama, hasilnya otomatis disimpan di galeri dan Anda bisa mengecek atau menghapusnya langsung dari sana.

Metode tangkapan layar panjang Samsung

Cara mengambil screenshot panjang di HP Samsung A10 juga mudah. Cukup pilih area yang ingin di capture, lalu tekan tombol Power + Volume Down atau bisa juga menggunakan menu Assistant untuk mengambil screenshot. Saat tangkapan layar berhasil diambil, Anda akan melihat kotak hitam di bagian bawah layar.

Pada tahap ini, silahkan pilih ikon Scroll Capture yang memiliki ikon panah ke bawah, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Halaman akan secara otomatis menggulir ke bawah untuk mengambil tangkapan layar dan Anda dapat memeriksa hasilnya di galeri.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengambil screenshot di Samsung A10 dengan mudah dan praktis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alternatif lain seperti screenshot Samsung A10 dengan 3 jari.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *