April 20, 2024
Home » Ceramah Bugis Terbaru Bahaya Berkata Dusta atau Bohong

pidato bugis – “Katakan bahkan satu ayat” Pesan ini adalah contoh terbaik dari sejarah, Nabi Muhammad SAW. Sebagai manusia normal, tempat itu salah. Namun, kita tetap diperintahkan untuk saling mengingatkan dan mengajak pada kebaikan.

Di bawah ini adalah pidato bugis terbaru yang kami harap dapat menjadi referensi bagi pembaca dalam menyampaikan pidato bugis.

diskusi bugis

Pidato singkat Bagis

Risiko berbohong/berbohong

(Oleh: KM Ismail Saleng, S.Ag., S.Pd.i)

Tuhan memberkati

Segala puji bagi Allah, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang, Yang Maha Penyayang.

Tamu yang bahagia

Rilalenna iyyae wettu mabbarakka’e, upuminasai palettetukekki silappa yaregga dua lappa, mancajie has assiparengngerang lao rikkeng maneng, khususnya lao rito mab takianatu “bahaya berbohong/berbohong”

Menurut KBBI, kebohongan tidak sesuai dengan situasi nyata, jadi berbohong tidak sesuai dengan situasi nyata. Berbohong adalah mengatakan sesuatu yang tidak benar, berbeda dengan ucapan dengan perbuatan lain atau perkataan lain di dalam mulut di dalam hati.

Itu juga tanda tangan palsu, sertifikat pendidikan palsu, surat keputusan palsu, dll. Semua ini bohong

Hadirin sekalian, selamat datang tamu

Naye ada bellewe maladde senna makkasolang, padanna; Sapi Mankaji Amonafngng.

Makda Nabita:

Majeppu abbelewe saisa babanna amunafekenge.

Paimeng makdai nabita pebtuanna: tanra-tanrana tumonafe telo. Narekko mabtalei mabellei. Narekko majjanciwi napisalai. Narekko iparennuangiwi Maceko-Ceko. (Menurut Bukhari Muslim)

Maka dusta adalah munafik dan munafik itu berada di tingkat neraka yang paling rendah. Sebagaimana firman Allah SWT Bettuanna:

“Majpu tau monafe koi langa kminang mariawana ranaka unrona”.

Muslim Maasiral dan Muslimat Rahimakukom Allah

2. Naye ada bellewe mappitiwi’i lao gau majae. Ianaru sabana nabita malade napattike umna pul riada bel. Makkeda nabitta ya Bettuanna:

“Upattikekko tumennang pole ri has belle, karena majeppu has belle natiwikki ri gau maja’e, na tiwiki tama ri ranaka.”

Paimeng makkeda nabitta ya Bettuanna:

“Upattikekko tumennang pole ri punya belle karena majeppu ritu punya belle simata sibawai jae, naiyaro duaae sifa lise ranaka maneng’i.”

Selamat untuk kaum muslimin dan muslimah

Ada bellewe makkasolang’i ri ibadae makkedai nabitta menurut pabbettuanna: 5 gau makkasolang yaregga naruttung i appalanna puasa: 1. Ada belle, 2. Pau-pau ri mondrie, 3. Bali bellae, 4.5. Attangae lao ri lawan jenis dengan nasaba hos.

Anda berjanji bahwa ada liturgi lain untuk puasa. Narekko bellei Gaunna tauwemasolangi appalanna ibadana.

Ada bellewe napateddeng’i belina tauwe, pada-padanna pabbalue ko nabellei pangellie de matu naibelief, gangkanna lettei tauwe mangelli ripabbalu laing’e

Makotoniro narkeko ana sikola nabeli desartena, de mato naibeli ko desartena, makotoparo sibalkanena.

Demikian pula, Anda anggota Dewan yang berbohong kepada rakyat, ketika pemilihan membuat banyak janji tetapi tidak terwujud, tidak dipilih kembali. Dengan cara ini, orang yang berbohong atau bertindak kehilangan kepercayaan orang pada mereka. Nabi kita Muhammad (saw) dipercaya oleh orang-orang karena dia tidak pernah berbohong sehingga gelar Al-Amin berarti seseorang yang dapat dipercaya.

Ini adalah ceramah bugis terbaru dari Guruta KM Ismail Saleng, S.Ag., S.Pd.i yang merupakan salah satu pengajar di Pesantren Sengkang As’adiyah. Semoga Allah memberikan kesehatan dan keberkahan dalam setiap fase kehidupannya.

Awalnya diposting pada 2021-11-04 17:15:00.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *