Mei 25, 2024
Home » Contoh Susunan Acara Buka Bersama

Halo Sahabat Dengtutor.id! Selamat datang di artikel kami kali ini yang akan memberikan contoh susunan acara buka bersama. Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, teman, dan kerabat. Buka bersama menjadi momen yang dinantikan untuk saling berbagi kebahagiaan dan kebersamaan. Namun, seringkali kita bingung mempersiapkan acara buka bersama yang menarik dan berkesan. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan contoh susunan acara buka bersama yang dapat menjadi panduan Anda dalam menyelenggarakan acara tersebut.

Contents

1. Penyambutan

🎉 Di awal acara, pastikan Anda menyambut tamu dengan hangat dan ramah. Selamat datang mereka dengan senyuman dan salam yang tulus. Berikan tepukan tangan atau ucapan selamat datang untuk memberikan nuansa kehangatan dan kegembiraan.

🎉 Jangan lupa untuk menyediakan tempat parkir yang cukup dan memadai. Pastikan tamu merasa nyaman dan tidak kesulitan mencari tempat parkir untuk kendaraan mereka.

🎉 Selain itu, berikan petunjuk arah menuju tempat acara dengan jelas. Informasikan kepada tamu di mana mereka dapat melaporkan diri dan mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai acara tersebut.

🎉 Untuk memberikan kesan yang lebih profesional, Anda dapat mengundang seorang pembawa acara yang akan memandu seluruh rangkaian acara buka bersama. Pastikan pembawa acara memiliki keahlian dalam mengatur suasana dan mampu membuat suasana menjadi lebih hidup.

2. Doa Pembuka dan Pemilihan Buka Puasa

🕌 Sebelum memulai berbuka puasa, adakanlah doa pembuka agar acara ini berjalan dengan lancar dan diiringi dengan keberkahan. Pilihlah orang yang terampil dalam membawakan doa pembuka tersebut.

🕌 Setelah doa pembuka, saatnya memberikan suguhan untuk berbuka puasa. Pastikan hidangan yang disajikan mengikuti kebiasaan dan tradisi yang ada. Anda dapat menyediakan hidangan berupa takjil atau hidangan pembuka yang ringan dan menyegarkan.

🕌 Jika Anda ingin memberikan tema pada acara buka bersama, pilihlah hidangan berdasarkan tema tersebut. Misalnya, jika tema acara adalah “kuliner nusantara,” sajikan hidangan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

3. Kegiatan Pilihan

🏆 Agar acara buka bersama menjadi lebih berkesan, Anda dapat menyelenggarakan beberapa kegiatan pilihan untuk menghibur tamu. Misalnya, Anda dapat mengadakan lomba makan kerupuk, karaoke, atau bermain permainan tradisional.

🏆 Selain itu, Anda juga dapat mengundang pembicara atau motivator untuk memberikan ceramah atau motivasi kepada tamu. Ini akan memberikan nuansa edukatif dan menginspirasi bagi semua peserta.

🏆 Jangan lupa menyediakan hadiah menarik bagi pemenang-pemenang lomba atau kegiatan pilihan. Hadiah ini dapat berupa voucher belanja, produk sponsor, atau hadiah menarik lainnya yang dapat meningkatkan semangat para peserta.

4. Pelaksanaan Shalat Maghrib

🕌 Setelah selesai berbuka puasa, lanjutkan dengan melaksanakan shalat maghrib berjamaah. Pastikan Anda menyediakan tempat dan perlengkapan shalat yang cukup untuk kelancaran acara ini.

🕌 Anda juga dapat mengundang seorang qari atau qariah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran sebelum atau sesudah shalat maghrib. Hal ini akan memberikan atmosfer keagamaan yang lebih khusyuk dan religius.

🕌 Jangan lupa agar acara berjalan dengan tertib dan teratur. Berikan pengumuman sebelum shalat maghrib dimulai dan pastikan semua peserta sudah siap untuk melaksanakan ibadah tersebut.

5. Santap Malam

🍽 Setelah shalat maghrib, lanjutkan acara buka bersama dengan menyajikan hidangan utama. Pastikan menu yang disajikan mencakup hidangan-hidangan khas dan variatif agar semua tamu dapat menikmati makanan yang disajikan.

🍽 Jangan lupa untuk menyediakan hidangan penutup yang lezat dan menggugah selera. Anda dapat menyajikan aneka kue, es krim, atau minuman segar sebagai penutup santap malam.

🍽 Selain itu, pastikan semua tamu bisa menikmati hidangan dengan nyaman. Sediakan meja dan kursi yang cukup untuk menampung semua tamu dan pastikan meja telah diatur secara rapi dan menarik.

6. Kegiatan Penutup

🎉 Setelah selesai makan malam, adakan kegiatan penutup untuk memberikan kesan yang tak terlupakan bagi semua tamu. Anda dapat mengadakan pertunjukan musik, tari, atau drama yang menghibur.

🎉 Jika anggaran memungkinkan, Anda juga dapat mengundang artis atau band ternama untuk tampil sebagai kegiatan penutup. Hal ini akan memberikan kejutan dan kepuasan tersendiri bagi semua peserta.

🎉 Terakhir, pastikan Anda mengucapkan terima kasih kepada semua tamu yang telah hadir dan berpartisipasi dalam acara buka bersama. Sampaikan harapan agar kita dapat bertemu lagi di acara selanjutnya.

7. Penutup

🕌 Sahabat Dengtutor.id, itulah contoh susunan acara buka bersama yang dapat Anda terapkan. Dengan mempersiapkan acara dengan baik dan mengikutsertakan elemen-elemen yang menarik, acara buka bersama Anda akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi semua tamu. Selamat menyelenggarakan acara buka bersama dan semoga acara tersebut sukses dan penuh keberkahan.

Tabel Susunan Acara Buka Bersama

Waktu Kegiatan
17.30 – 18.00 Penyambutan tamu
18.00 – 18.15 Doa pembuka
18.15 – 18.30 Berburu takjil
18.30 – 19.15 Acara kesenian
19.15 – 19.45 Shalat Maghrib
19.45 – 20.30 Makan malam
20.30 – 21.00 Aksi panggung
21.00 – 21.30 Pengumuman pemenang lomba
21.30 – 22.00 Penutupan

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Alamat lengkap penyelenggara acara buka bersama?

Penyelenggara acara buka bersama berlokasi di Jalan Raya Sudirman No. 123, Jakarta.

2. Apa saja prakiraan biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara buka bersama?

Prakiraan biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan acara buka bersama mencakup makanan dan minuman, dekorasi, hiburan, dan hadiah lomba. Biaya dapat bervariasi tergantung pada jumlah tamu dan pilihan menu yang disajikan.

3. Bagaimana cara mendaftar untuk mengikuti acara buka bersama?

Untuk mendaftar, Anda dapat menghubungi nomor telepon yang tersedia atau mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.

4. Apakah ada batasan umur untuk mengikuti acara buka bersama?

Tidak ada batasan umur untuk mengikuti acara buka bersama. Acara ini terbuka untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

5. Apakah saya perlu membawa makanan tambahan jika ingin mengikuti acara buka bersama?

Tidak perlu membawa makanan tambahan. Semua hidangan telah disiapkan oleh panitia acara. Namun, jika Anda memiliki kebutuhan khusus atau preferensi diet tertentu, Anda dapat membawa makanan tambahan sesuai kebutuhan.

6. Apakah acara buka bersama ini memperhatikan protokol kesehatan COVID-19?

Ya, acara buka bersama ini akan mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Semua tamu diharapkan untuk mematuhi aturan jarak sosial, menggunakan masker, dan mencuci tangan secara berkala.

7. Apakah ada tempat parkir yang aman untuk kendaraan di sekitar lokasi acara?

Iya, tersedia tempat parkir yang aman dan mudah dijangkau di sekitar lokasi acara.

Kesimpulan

Setelah membaca contoh susunan acara buka bersama di atas, mari bergerak dan mulailah merencanakan acara Anda. Gunakan panduan ini sebagai dasar untuk menciptakan acara yang berkesan, menyenangkan, dan berkesan bagi semua orang yang hadir. Jadikan momen buka bersama sebagai kesempatan untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan dengan orang-orang terdekat Anda. Selamat menyelenggarakan acara buka bersama dan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini.

🕌 Terima kasih dan salam hangat,

Dengtutor.id

Disclaimer: Artikel ini dibuat hanya untuk tujuan informasi dan tidak berafiliasi dengan lembaga atau organisasi manapun.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *