April 20, 2024
Home » Fungsi,Pengertian,Karakteristik, Peranan Hotel.

Fungsi hotel – Fungsi hotel tentunya banyak sekali contohnya sebagai tempat tinggal, penasaran bukan? mari kita simak artikel dibawah ini.

Contents

Pengertian Hotel

Yang dimaksud dengan hotel adalah suatu bangunan atau perusahaan yang akan menyediakan akomodasi untuk bermalam atau juga menyediakan makanan, minuman dan keuntungan lainnya kepada tamu yang datang ke hotel, dimana semua fasilitas tersebut akan diperuntukan bagi seluruh masyarakat yang akan datang untuk menginap. Hotel sering dijadikan sebagai akomodasi alternatif oleh para wisatawan dan pengunjung yang sedang berlibur atau berwisata ke suatu tempat tujuan wisata.

Pengertian Hotel Menurut Para Ahli

  • Hotel & Motel Association Hotel adalah tempat yang menyediakan akomodasi, makanan dan minuman, dan jasa lainnya untuk disewakan kepada tamu atau orang yang menginap sementara.
  • Lawson (1997) fasilitas akomodasi umum bagi wisatawan yang menyediakan layanan kamar, makanan dan minuman, dan akomodasi dengan syarat pengguna harus membayar.
  • Endar Sri 1996 Sebuah bangunan yang dikelola secara komersial yang menyediakan akomodasi perumahan untuk umum, termasuk penyimpanan bagasi, makanan dan minuman, furnitur dan dekorasi, dan layanan binatu.
  • Keputusan Menteri Parpostel No. KM 94/HK103/MPPT 1987 jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagiannya untuk menyediakan layanan akomodasi, pemasok makanan dan minuman, dan layanan lainnya kepada masyarakat umum dan dikelola secara komersial.

Karakteristik Hotel

Dengan merujuk pada definisinya, hotel merupakan salah satu jenis usaha komersial. Artinya, pengusaha hotel memberikan pelayanan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis. Namun, hotel memiliki karakteristik yang berbeda dari badan usaha lain sebagai berikut.

  1. Bisnis hotel merupakan industri padat modal dan padat karya. Artinya, menjalankan hotel membutuhkan banyak modal usaha, yang membutuhkan banyak tenaga kerja.
  2. Industri perhotelan juga dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan di mana hotel tersebut berada.
  3. Hotel beroperasi selama 24 jam penuh dalam sehari tanpa ada hari libur untuk melayani tamu hotel yang menginap atau masyarakat umum yang akan menggunakan fasilitas yang dimiliki hotel.
  4. Hotel menghasilkan dan memasarkan jasanya di tempat hotel tersebut berada.
  5. Kelangsungan usaha hotel dipengaruhi situasi ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan di tempat hotel tersebut beroperasi ataupun secara nasional dan global.

Fungsi Hotel

  • Tempat sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong).
  • Sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya.
  • Untuk menginap atau istirahat bagi para tamu.
  • Sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana serta prasarana yang lengkap.

Jenis – Jenis Hotel

1. Resort Hotel

MIRACLE RESORT HOTEL (Antalya, Turki) - Ulasan & Perbandingan Harga Hotel - Tripadvisor

adalah tempat untuk istirahat, terletak di daerah pegunungan atau dekat danau, dekat sungai, dekat pantai, sungai. Hotel ini digunakan untuk keluarga yang ingin bersantai saat liburan atau bagi yang ingin bersantai.

2. Residential Hotel

Morrissey Hotel Residences di Jakarta - Ulasan Tepercaya & Harga Terbaru 2022 di Agoda

Yaitu, hotel yang terletak di daerah terpencil/pinggiran kota, jauh dari keramaian, namun cukup mudah untuk menuju berbagai tempat kerja. Hotel residensial ini juga biasanya berada di kawasan yang tenang karena memang didesain untuk orang-orang yang ingin tinggal lama.

3. City Hotel

NAZ CITY HOTEL TAKSIM (Istanbul, Turki) - Ulasan & Perbandingan Harga Hotel - Tripadvisor

adalah hotel yang terletak di daerah perkotaan, biasanya digunakan oleh masyarakat untuk akomodasi jangka pendek. Hotel kota sering disebut hotel transit karena biasanya hotel kota ditempati oleh pengusaha yang menggunakan layanan bisnis dan fasilitas yang disediakan oleh hotel.

4. Motel

Beverly Laurel Motor Hotel di Los Angeles (CA) - Ulasan Tepercaya & Harga Terbaru 2022 di Agoda

Artinya Hotel Bermotor yang terletak di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya atau ke tempat lain, dan bisa juga di pinggir jalan raya, dekat dengan pinggir kota besar. Motel akan ditunjuk sebagai tempat istirahat sementara bagi orang-orang yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Oleh karena itu, pihak motel akan selalu menyediakan garasi untuk kendaraan pribadi.

Sejarah Hotel

Hotel juga berasal dari kata hostel, yang sebelumnya diambil dari bahasa Prancis Kuno. Gedung publik ini dibangun dari pertengahan abad ke-17. Maknanya kira-kira ‘tempat berteduh bagi pendatang’ atau bisa juga berupa bangunan yang menyediakan akomodasi atau makanan bagi penduduk.’ Jadi, awalnya hotel dibuat untuk melayani masyarakat.

Tak heran jika di Inggris atau Amerika dulu pegawai hotel disebut pegawai negeri atau pegawai negeri sipil. Namun seiring berjalannya waktu atau bertambahnya jumlah pengguna jasa, layanan makanan dan minuman ini akan mulai kehilangan misi sosialnya. Tamu juga dikenakan biaya. Sementara itu, bangunan dan bangunan mulai didekorasi sedemikian rupa sehingga para tamu merasa seperti di rumah sendiri. Namun, tingkat layanan hotel tidak banyak berubah selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 1793, ketika City Hotel dibangun di lokasi pendahulu New York City Hotel, hotel ini memelopori gaya akomodasi baru yang lebih canggih.

Demikianlah pengertian tentang Hotel Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua sekian dan terimakasih.

Baca Juga: Fashion adalah? Berikut Penjelasan,Fungsi,Sejarah,Perkembangan dan Faktor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *