Mei 16, 2024
Home » Kenali Penyebab Hp Gampang Panas

Alasan ponsel menjadi panas

Tidak jarang ponsel menjadi panas saat memainkan smartphone. Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, baik itu masalah perangkat keras, suhu ruangan, bermain game dalam jangka panjang, atau streaming. Ponsel yang panas akan mengganggu kita saat menggunakan ponsel. Selain tangan yang terlalu panas, kinerja ponsel pun berkurang karena perangkat kerasnya sudah mencapai batasnya.

Jika tidak segera dikontrol, overheat akan berdampak berbahaya bagi ponsel. Salah satunya baterai akan boros dan parahnya lagi, smartphone kamu akan overheat dan tidak bisa digunakan. Itu dapat membuat ponsel Anda bertahan lebih lama dengan mencegahnya dari kepanasan.

Yuk, pelajari penyebab ponsel bisa menjadi panas dan boros baterai

Contents

Penggunaan HP yang berlebihan

menggunakan Ponsel yang berlebihan dapat membuat mereka cepat panas, seperti mengobrol, streaming, menonton film, bermain game baik online maupun offline dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan komponen di dalamnya harus bekerja lebih keras, prosesor membutuhkan energi dari baterai dan menyebabkan baterai mengalami peningkatan suhu. Perlu diketahui bahwa sumber panas smartphone berasal dari prosesor smartphone itu sendiri.

Jadi, gunakan ponsel cerdas Anda dalam jumlah sedang. Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat mempersingkat masa pakai ponsel.

kondisi kamar

Jika Anda berada di ruangan yang hangat, otomatis smartphone akan memiliki suhu yang hangat. Suhu ruangan yang hangat juga akan memanaskan prosesor dan mungkin terlalu panas. Bahkan suhu dingin dapat menyebabkan kelembapan menumpuk di perangkat keras ponsel.

Aplikasi di latar belakang

Ada beberapa program yang meskipun sudah dimatikan, namun tetap berjalan di background dan masih menggunakan RAM dan memori CPU untuk menjalankannya. Ini memaksa prosesor untuk bekerja, menguras baterai dan menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas. Maka solusinya hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan menekan tombol home selama dua detik atau menekan ikon tiga baris di ponsel, lalu hapus aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Virus smartphone

Virus smartphone juga menjadi salah satu penyebab ponsel terlalu panas. Virus ini bisa berupa malware yang berasal dari aplikasi yang tidak diunduh dari Play Store.

Selain bisa berasal dari situs berbahaya, malware bisa mencuri data smartphone dan tidak mengoptimalkan kinerja smartphone. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Anda dapat menggunakan pemindaian virus ponsel cerdas, misalnya, Basic Security, AVG Antivirus Security, 360 Security, Avira Antivirus, dll.

Gunakan saat mengisi daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya dapat berdampak negatif pada kesehatan baterai dan perangkat Anda, ponsel Anda akan cepat panas karena baterai digunakan untuk dua aktivitas sekaligus. Sangat disarankan untuk menjaga ponsel Anda saat mengisi daya, selain membuat pengisian daya lebih hemat, juga dapat membuat ponsel Anda lebih sehat.

Memblokir telepon

Tidak sedikit pengguna handphone yang mengabaikan kebersihan lubang smartphone, hal ini dikarenakan kotoran tidak terlihat dan mereka meremehkannya. Bahkan jika kotoran berupa debu yang menempel pada perangkat dapat menyebabkan penyumbatan. Penyumbatan ini dapat menyebabkan ponsel Anda menjadi panas. Oleh karena itu, biasanya bersihkan lubang handphone menggunakan kapas agar berfungsi maksimal.

Penggunaan barang yang tidak tepat

Banyak yang tidak tahu bahwa bingkai ini juga memengaruhi suhu ponsel. Barang yang terbuat dari bahan yang sirkulasi udaranya buruk dan pembuangan panas tidak disarankan untuk digunakan. Karena bingkai jenis ini memperburuk kesehatan ponsel Anda.

Hard case adalah contoh case yang bagus untuk menahan panas, sedangkan soft case tidak disarankan karena mencegah kehilangan panas.

Terlalu banyak file

Terlalu banyak file bisa membuat smartphone stres, aplikasi yang tidak berguna bisa mengoptimalkan kinerja ponsel Anda. File dan cache juga dapat menyebabkan prosesor cepat panas. Jadi pastikan Anda pandai mengelola file dengan baik agar bekerja lebih cepat, efisien, dan tidak mudah kepanasan. Selalu periksa program yang tidak digunakan, atau buat cadangannya di Internet atau di hard drive PC Anda jika Anda khawatir akan membutuhkannya lagi.

Nah itulah beberapa penyebab smartphone mudah panas dan solusi yang penulis berikan. Semoga bermanfaat

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *