Februari 24, 2024
Home » 20 Contoh Perbuatan Baik di Sekolah yang Bisa Dilakukan

swapikir.com – Apa itu perilaku baik? Sikap ini mengacu pada segala sesuatu yang menunjukkan nilai utilitas yang positif. Bukankah segala sesuatu yang bermanfaat nantinya bisa membantu banyak orang? Oleh karena itu, kami telah merangkum 20 contoh perbuatan baik di sekolah yang bisa dilakukan tanpa pikir panjang.

Dalam bidang agama, perbuatan baik akan dibalas. Sedangkan dalam konteks kehidupan sosial, kebajikan adalah perbuatan yang bermanfaat bagi orang lain. Contoh perilaku baik yang kita lakukan setiap hari memengaruhi bagaimana orang-orang di sekitar kita bereaksi terhadap kita.

Orang baik akan selalu dikenal dan dicintai, sedangkan orang jahat akan selalu dibenci. Kebalikan dari baik adalah buruk. Itu seperti cahaya dan kegelapan yang berlawanan. Nilai kebaikan selalu mengandung kebenaran. Orang yang mempromosikan sikap yang baik biasanya adalah teman yang baik juga.

Karena manusia selalu membutuhkan kebaikan, inilah yang menjadi kodrat atau kodrat manusia. Berbuat baik juga bisa disertai dengan mengajak orang lain melakukan hal yang sama atau bahkan lebih. Karena menyebut kebaikan tidak hanya dilakukan secara individu, tetapi juga harus disebarkan kepada orang lain.

Untuk menentukan hasil terbaik antara dua item atau lebih, kita harus melihat kembali jumlah keuntungan yang diperoleh. Karena mengetahui bahwa kebaikan akan bermanfaat, hidup akan menjadi lebih tenang dan tenang.

Contoh perbuatan baik di sekolah

Oleh karena itu, dalam bidang ini kami mencoba merangkum contoh-contoh perbuatan baik yang dapat kita tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari yang terbagi dalam beberapa aspek:

Selalu ikuti aturan

Mematuhi peraturan sekolah adalah wajib. Karena setiap sekolah memiliki peraturannya masing-masing, maka semua siswa diwajibkan untuk mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah tersebut. Dengan cara ini, kalian semua bisa menjadi siswa yang baik di masa depan.

Mengunjungi teman yang sakit

Mengunjungi atau menjenguk teman sekolah yang sakit dan dirawat di rumah sakit atau sedang dirawat di rumah merupakan hal yang baik. Sebagai teman sekelasnya, Anda dapat berkomitmen untuk mengunjunginya dan menyemangatinya agar cepat sembuh.

Pemberian beasiswa

Memberikan beasiswa kepada anak-anak pintar dan kurang mampu adalah salah satu hal baik yang bisa kita lakukan. Bagi siswa yang kurang beruntung, tetapi memiliki potensi untuk sukses di masa depan, kita harus membantu mereka dan memberikan beasiswa. Ini adalah hal yang baik yang dapat kita lakukan sebagai orang yang memiliki hak istimewa secara materi.

Membantu teman yang dibully

Jangan sampai tindakan keji seperti bullying dan omelan menjadi situasi yang sering kita jumpai dalam kehidupan anak sekolah. Oleh karena itu, jika Anda menemukan teman Anda mengalaminya, Anda harus membantu mereka untuk melanjutkan pemberontakan dan menyerah kepada pihak berwenang.

Selalu terapkan disiplin

Perilaku disiplin sebenarnya dapat digolongkan sebagai seseorang yang mengikuti tata tertib sekolah. Disiplin juga berarti bahwa Anda harus tepat waktu ketika pergi ke sekolah dan menghindari tindakan apa pun yang akan membawa nama buruk atau nama buruk sekolah.

belajar keras

Karena kamu sebagai pelajar tentunya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk belajar dan belajar dengan baik. Karena ini adalah tujuan utama sekolah Anda. Dengan belajar, Anda berbuat baik untuk orang tua Anda yang berusaha keras menyekolahkan Anda.

Jangan menyontek dalam ujian

Kecurangan dan penipuan lainnya jelas merupakan hal yang buruk untuk dihindari. Jadi kamu harus mengerjakan setiap soal ujian dengan jujur ​​berdasarkan kerja keras yang sudah kamu lakukan. Jika hasil diperoleh dengan cara curang atau praktik curang lainnya, tidak perlu mendapat skor besar.

Menghormati guru dan staf sekolah

Menghormati guru berarti mendengarkan nasihatnya dan tidak berkelahi serta tidak membuat kegaduhan di kelas saat mengajar. Guru mewakili orang tua di sekolah dan secara hukum berkewajiban untuk mematuhinya. Oleh karena itu, sikap tidak hormat kepada guru harus dihindari.

Tidak ada kebisingan selama pelajaran

Tidak ada kebisingan di kelas selama kelas dapat membantu. Hal baik dan mengagumkan yang dapat Anda lakukan di kelas saat pelajaran berlangsung adalah fokus mendengarkan guru dan tidak terlibat dalam aktivitas negatif seperti kebisingan atau tindakan tidak membantu lainnya.

Organisasi aktif

Kehadiran aktif dalam organisasi ekstrakurikuler sekolah juga merupakan hal yang baik. Kegiatan seperti Pramuka, OSIS, PMR, dll adalah hal yang positif. Selain bisa menambah wawasan dan pergaulan, nantinya kita bisa mengharumkan nama sekolah jika ada lomba kegiatan.

Selalu bersyukur

Alhamdulillah atas rezeki yang telah diberikannya, salah satunya bersyukur masih diberi kesempatan untuk bersekolah dan menimba ilmu. Karena dengan bersyukur kita bisa memahami bahwa semua yang kita dapatkan hari ini adalah sesuatu yang berharga.

Dengan rasa syukur, kita bisa mengubah pandangan kita tentang kesuksesan, dan kesuksesan itu tidak selalu bergantung pada banyaknya harta dan materi yang kita miliki, melainkan seberapa berguna kita bagi orang lain.

selalu sabar

Kesabaran dalam menghadapi masalah yang timbul merupakan salah satu contoh perbuatan baik di sekolah. Kami akan dengan sabar menyelesaikan masalah apa pun dengan pikiran tenang. Dan kesabaran membawa kebaikan di masa depan.

memberikan amal

Memberi uang atau membantu orang yang benar-benar membutuhkannya adalah salah satu tindakan baik yang dapat kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kami dapat membantu teman sekelas, tetangga, anak tunawisma, pengamen jalanan, dan orang yang membutuhkan. Jangan pernah ragu untuk bersedekah.

Donor darah

Kami telah membantu umat manusia dengan mendonorkan darah secara rutin untuk Palang Merah Indonesia. Pasokan darah diperlukan untuk keselamatan pribadi. Donor darah tidak hanya baik untuk kemanusiaan, tetapi juga dapat membuat kita sehat, asalkan dilakukan dengan baik.

Membantu orang tua menyeberang jalan

Mungkin kita mendapatkan pendidikan kewarganegaraan dan pancasila dimana guru berbicara tentang perbuatan baik seperti membantu orang tua menyebrang jalan. Ketika Anda melihat orang tua Anda kesulitan berjalan, Anda dapat membantu menggendongnya

Selalu menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan merupakan salah satu contoh perbuatan baik di sekolah lain. Kebaikan terhadap alam dan lingkungan inilah yang memberi kita sumber dayanya. Oleh karena itu, kita harus menjaga alam dengan baik. Biarkan generasi berikutnya menikmatinya.

Sebisa mungkin jangan sampai terluka karena membuang sampah sembarangan. Mulai gunakan barang ramah lingkungan dan jangan gunakan plastik

Dia menyukai hewan dan tumbuhan

Kecintaan terhadap hewan dan tumbuhan merupakan bukti bahwa manusia adalah makhluk yang baik bagi semua spesies di muka bumi. Jangan seenaknya merusak alam dan jangan menyalahgunakannya. Karena manusia seharusnya hidup berdampingan dengan tumbuhan dan hewan.

Selalu ramah dan tersenyum

Selalu tersenyum dan bersahabat dengan orang lain adalah salah satu contoh kebajikan. Meskipun perbuatan baik melalui senyuman dan kebaikan hanya bisa dilihat dari luar, namun itu adalah awal yang baik untuk menghormati dan mencintai orang lain.

Mengajar orang lain

Mengajar anak-anak kurang mampu dalam mata pelajaran umum seperti membaca, menulis dan berhitung adalah tugas yang menyenangkan. Anda akan berperan dalam pelatihan dan menjadi pahlawan bagi mereka agar mereka dapat terus bertahan dan menikmati cita rasa pelatihan.

menanam pohon

Menanam pohon di sekitar sekolah memiliki sejuta manfaat. Ini bagus untuk alam dan memperindah lingkungan. Selain menambah suplai oksigen, kita juga bisa memperindah sekolah dengan menanam berbagai pohon.

Ini adalah 20 contoh hal baik yang dapat dilakukan di sekolah yang mudah dan sangat mungkin dilakukan. Jika Anda memiliki pemikiran lain tentang contoh perbuatan baik lainnya, silakan balas di kolom komentar. Jangan ragu ya bu, ajari anakmu hal-hal yang baik secepatnya.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *