April 19, 2024
Home » Contoh Perbuatan Baik dalam Islam yang Mudah Dilakukan

swapikir.com – Agama adalah keyakinan yang diyakini dan digunakan seseorang sebagai pedoman untuk memperoleh keamanan dunia dan akhirat. Setiap agama pasti mengajarkan hidup bijak dan bijaksana serta beramal saleh. Berikut adalah beberapa contoh perbuatan baik dalam Islam.

Islam adalah salah satu agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dalam ajaran Islam, ada banyak contoh perbuatan baik yang bisa diikuti oleh para pengikutnya. Definisi baik dalam Islam pasti akan berbeda sesuai dengan penafsiran masing-masing orang.

Namun tentunya semua orang setuju bahwa ada dua jenis perbuatan baik. Ini adalah perbuatan baik yang dilakukan di jalan Allah dan perbuatan baik untuk makhluk hidup. Perbuatan baik kepada Tuhan disebut Ibadat atau Hubli Allah. Sedangkan perbuatan baik kepada makhluk hidup disebut hablominana.

Dalam Islam, kita telah memperhatikan bahwa perbuatan baik dan buruk manusia selalu dicatat oleh malaikat. Inilah mengapa dalam Islam disebutkan perbuatan baik sebagai usaha kita untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan juga untuk hari yang kita kenang setelah meninggalkan dunia fana ini.

Apa pun yang kita lakukan di dunia ini, baik yang terbuka maupun yang tersembunyi, Allah mengetahuinya. Tuhan Yang Maha Esa memiliki dua malaikat pencatat amal baik dan buruk yang selalu mengikuti manusia kemanapun mereka pergi.

Contoh akhlak mulia dalam islam

Menurut buku “Cermin Islam” yang ditulis oleh Ummu Helmi (2020), manusia adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa dan memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan makhluk lain di dunia. Alasannya, manusia dibekali kemuliaan dan keutamaan yang luar biasa, yakni akal.

Sebagai makhluk berakal, kita harus bisa membedakan antara perbuatan baik dan buruk. Berikut ini akan kami sajikan contoh-contoh perbuatan baik menurut ajaran Islam yang perlu Anda ketahui. Jika sudah merasakannya, jangan menunda dan menunggu terlalu lama untuk melakukannya.

memberikan amal

Memberi harta, uang atau makanan kepada yang membutuhkan adalah contoh pertama dari perbuatan baik dalam Islam. Sedekah itu wajib bagi yang berbadan sehat. Karena harta yang kita berikan secara tidak langsung sebagai semacam penyempurnaan.

Hablominal Alam

Memberi makan hewan dan menyiram tanaman adalah perbuatan baik lainnya. Ini juga bisa menjadi bentuk ibadah kita. Karena dengan memperhatikan lingkungan sekitar, kita akan turut serta menjaga kelestarian lingkungan tempat kita tinggal. Sehingga generasi selanjutnya merasakannya.

Selalu bersikap ramah dan menyapa orang yang Anda kenal

Menyapa orang yang Anda kenal dan bersahabat dengan mereka adalah bentuk perbuatan baik berikutnya. Karena tindakan ini secara tidak langsung membentuk usaha kami untuk mempererat silaturahmi.

Menghormati orang lain

Menghormati sesama manusia, terutama yang lebih tua, adalah hal yang baik dan terpuji. Kewajiban sesama manusia adalah saling menghormati. Karena menghina orang dengan alasan apapun merupakan penghinaan terhadap kekasihnya, yaitu Tuhan sendiri.

Selalu bersikap sopan

Berbicaralah dengan sopan dan hindari kata-kata kasar. Karena, seperti kata pepatah, lidah lebih tajam dari pada pedang. Ketika seseorang terluka oleh kata-kata Anda, mereka terus mengingatnya dan lebih sedikit memaafkan.

Membantu orang tua

Membantu orang tua untuk bekerja adalah hal yang baik yang harus dilakukan oleh setiap Muslim menurut Islam. Walaupun persepsinya adalah kita membantu orang tua, jasa orang tua tidak akan pernah bisa dibalas oleh anaknya. Oleh karena itu, kita bisa mempertimbangkan membantu orang tua sebagai bentuk rasa syukur di masa kecil.

membantu orang lain

Menolong orang yang sedang kesulitan akan menjadi tabungan kita sendiri. Karena siapa yang memudahkan pekerjaan orang lain, maka pekerjaannya pasti akan mudah di kemudian hari.

Mengajarkan ilmu kepada orang lain

Seperti yang kita ketahui, pengetahuan yang bermanfaat adalah pengetahuan yang bisa ditindaklanjuti. Menerapkan ilmu kepada orang lain atau mengajar orang lain adalah salah satu perilaku yang dapat diterima dalam Islam. Karena ilmu ini tidak akan berguna jika hanya kita gunakan sendiri.

Selalu bersyukur

Selalu bersyukur dalam keadaan apapun adalah tanda bahwa kita tidak sedang mengingkari nikmat Allah. Karena bagaimanapun juga, kita tidak akan pernah bisa menghitung semua nikmat yang Tuhan berikan kepada kita.

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan di setiap waktu dan tempat adalah salah satu contoh perbuatan baik yang diperintahkan oleh umat Islam. Karena kebersihan adalah bagian dari perlindungan diri.

Ini adalah contoh kebajikan dalam ajaran Islam. Pada dasarnya, masih banyak amal baik yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Agar amal kebaikan yang kita lakukan bernilai ibadah dan pahala, maka kita harus ikhlas melakukannya hanya karena keridhaan Tuhan Yang Maha Esa.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *