Di zaman modern dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak sekali aplikasi dan situs yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan jaringan internet yang lancar, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda cari. Salah satu jejaring sosial yang digandrungi para pekerja dan pebisnis dunia adalah LinkedIn.
Contents
Apa itu LinkedIn?
LinkedIn adalah situs jejaring sosial seperti Facebook dan beberapa situs jejaring sosial lainnya. Namun, Linkedin diketahui digunakan oleh bisnis atau individu untuk keperluan rekrutmen, pencarian kerja dan membuka peluang bisnis baru bagi pengguna. Berbeda dengan media sosial lain yang hanya digunakan untuk kepentingan hiburan, LinkedIn hanya sebatas dunia bisnis.
LinkedIn telah menarik lebih dari 200 juta anggota aktif. Mungkin Anda adalah pengguna LinkedIn atau pengguna potensial. Pelajari lebih lanjut di artikel ini.
LinkedIn didirikan pada 14 Desember 2002 di Mountain View, California, Amerika Serikat. Berkantor pusat di Mountain View, California, AS dan saat ini memiliki 33 kantor di seluruh dunia. Pendiri LinkedIn adalah Reed Hoffman, Alan Bello, Constantin Guricke, Eric Lee dan Jean-Luc Vaillant.
Fungsi utama LinkedIn adalah untuk memungkinkan pengguna (pencari dan pemberi kerja) membuat profil yang mencakup resume yang menggambarkan pengalaman kerja, pendidikan dan pelatihan, keterampilan mereka. Pengusaha dapat membuat daftar pekerjaan dan mencari kandidat potensial. Pengguna dapat menemukan pekerjaan, orang, dan peluang bisnis yang direkomendasikan oleh seseorang di jaringan kontak lain. Pengguna dapat menyimpan pekerjaan yang ingin mereka lamar (yaitu bookmark). Juga, pengguna memiliki kemungkinan untuk mengikuti perusahaan yang berbeda.
Apa manfaat dari pengguna LinkedIn?
Jika Anda seorang pemberi kerja, LinkedIn adalah tempat yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin mempelajari dan terhubung dengan kandidat potensial. Di LinkedIn, ada ribuan profil potensial yang tidak akan Anda temukan di Facebook, Twitter, atau jejaring sosial lainnya.
Cara membuat akun LinkedIn
Membuat akun LinkedIn hampir seperti jejaring sosial lainnya.
Langkah 1: Buat akun LinkedIn
Pertama, Anda harus masuk ke LinkedIn.
Untuk membuat akun, klik “Masuk” di sudut kanan halaman situs web untuk mendaftarkan akun. Di sini, Anda memperbarui alamat email dan memasukkan kata sandi untuk melanjutkan.
Langkah 2: Masukkan informasi dasar.
Untuk melengkapi informasi dasar seperti: nama lengkap, bahasa lisan, wilayah tempat tinggal, pekerjaan atau sekolah,…
Berdasarkan informasi yang Anda berikan, LinkedIn membantu Anda terhubung dengan peserta yang memiliki karakteristik serupa.
Langkah 3: Konfirmasi pembuatan akun Linkedin
Pada titik ini Anda perlu mengakses alamat email yang awalnya diberikan saat pendaftaran, masukkan kode yang dikirim oleh LinkedIn untuk menyiapkan akun.
Langkah 4: Perbarui avatar Anda
Gambar profil adalah cara pertama untuk mengesankan perekrut. Oleh karena itu, Anda harus memilih gambar wajah yang profesional dan penuh, dengan sudut wajah penuh, sehingga menarik siapa pun saat mengakses profil Anda.
Langkah 5: Buat CV online
Dalam resume Anda, Anda harus menyebutkan semua detail seperti: pengalaman kerja, tingkat pendidikan, kemahiran bahasa asing, soft skill, penghargaan, dll.
Baca juga:
Cara menggunakan Google Bisnisku untuk menarik pelanggan
Langkah 6: Perkenalkan diri Anda secara singkat
Berguna bagi Anda untuk meringkas diri sendiri. Tulis secara singkat tentang keterampilan dan pengalaman Anda untuk menunjukkan sahabat Anda di depan majikan.
Langkah 7: Isi detail untuk meningkatkan skor profil
Di bawah gambar profil terdapat skala untuk menilai tingkat detail profil Anda. Untuk dapat berhubungan dengan orang-orang di sekitar Anda, Anda harus menyelesaikan level All-Star.
Langkah 8: Selesaikan pendaftaran akun LinkedIn
Di sini, tunjukkan semua detail yang telah Anda perbarui, tinjau informasinya, dan selesaikan proses pembuatan akun Profil LinkedIn.