April 19, 2024
Home » Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi Semua Tipe

swapikir.com – Dengan spesifikasi menengah ke atas, pengguna Xiaomi biasanya harus memasang banyak aplikasi di ponselnya. Dari aplikasi browser, pemutar video, pemutar musik, game, dan banyak lagi. Namun ada kalanya seseorang ingin mengetahui cara menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi untuk menjaga privasinya.

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika kebanyakan dari kita ingin memiliki banyak aplikasi. Dengan kata lain, seolah-olah Anda ingin memiliki segalanya selama mungkin. Oh iya, ngomong-ngomong soal aplikasi, mungkin sebagian dari kita ingin merahasiakan aplikasi.

Misalnya pada program chatting atau media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dll. Tentunya kita tidak mau kan, jika privasi kita diganggu oleh orang lain? Apa yang akan Anda lakukan untuk melindungi privasi di aplikasi seluler Anda?

Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi. Salah satunya dengan memberikan password atau menyembunyikannya agar tidak terlihat di tampilan utama. Pada pembahasan kali ini, kami ingin membahas secara khusus bagaimana cara membuat aplikasi tidak terlihat (hidden) di HP Xiaomi.

Tentunya cara ini bisa diterapkan pada semua jenis ponsel Xiaomi, antara lain Redmi 5A, Redmi 4x, Redmi 6A, Redmi Note 8, Redmi Note 9, Redmi Note 4, Redmi Note 7, dll.

Contents

Cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi untuk semua tipe

Fitur untuk menyembunyikan aplikasi ini dibangun langsung oleh Xiaomi melalui platform MIUI miliknya. Oleh karena itu, disini kita tidak perlu menginstall program tambahan. Selain itu, berbagai program dapat disembunyikan menggunakan fitur ini, antara lain:

  • Ada apa.
  • Instagram.
  • Game (PUBG, Mobile Legends, AOV, dll.).
  • Program peramban.
  • Pemutar musik dan video.

Untuk tutorialnya, berikut adalah contoh ponsel Xiaomi Redmi 5A dengan MIUI 9.0. Ini adalah jenis ponsel dan sistem yang digunakan kebanyakan orang (pada saat penulisan). Tentu saja, cara ini juga berfungsi di MIUI 10 dan yang lebih baru.

Cara menyembunyikan aplikasi HP Xiaomi melalui kunci aplikasi

Metode pertama, di sini kami menyembunyikan aplikasi melalui fitur aplikasi tersembunyi di Xiaomi MIUI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka pengaturan HP Xiaomi Anda.
  • Lalu, geser ke bawah. Anda akan melihat kolom pengaturan program. Klik pada menu kunci aplikasi.
  • Saat jendela baru muncul, klik di kanan atas (Logo pengaturan roda gigi).
  • Geser ke bawah. Ada opsi aplikasi tersembunyi. Silakan aktifkan
  • Kemudian pilih opsi Kelola aplikasi tersembunyi. Di sini Anda akan melihat daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel Xiaomi Anda. Harap tandai program yang diinginkan.
  • Jika demikian, tutup semua jendela yang tersedia. Sekarang aplikasi yang dipilih berhasil disembunyikan di ponsel Xiaomi Anda.

Pada langkah 6, jika ada tombol OK, silakan klik. Jangan tutup melalui tombol kembali, jika tidak pengaturan tidak akan disimpan nanti. Kemudian untuk mengetahui pengaturan app lock, selain cara di atas, kamu juga bisa mencoba cara berikut ini:

  • Buka pengaturan > ketik “kunci aplikasi” di kolom pencarian > buka hasilnya.
  • Atau melalui aplikasi Keamanan (lihat layar Beranda) > Buka Kunci > lalu pilih menu Kunci Aplikasi di sana.

Setelah masuk ke pengaturan kunci aplikasi, hal terpenting di sini adalah memastikan bahwa pengaturan aplikasi disembunyikan. Sebenarnya cara ini work untuk semua tipe, namun dari hasil pengujian yang kami lakukan, ternyata ada beberapa tipe HP Xiaomi yang pengaturannya tidak muncul.

Solusi, coba perbarui ponsel MIUI Anda ke versi terbaru. Sebab, masalah seharusnya bukan terkait tipe ponsel, melainkan versi MIUI.

Menggunakan Penyembunyi Aplikasi

Bagaimana jika Anda tidak dapat menemukan Pengaturan dan tidak dapat memperbarui versi MIUI Anda? Solusi, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan yang akan kami jelaskan di sini menggunakan App Hider.

Saat kami menulis panduan ini, kami bermaksud informasi ini untuk pengguna Xiaomi yang memiliki versi MIUI yang lebih lama atau sudah menggunakan ROM khusus (yang bukan asli Xiaomi). Ada juga cara untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi menggunakan APP Hider sebagai berikut:

  • Silakan instal App Hider dari Play Store terlebih dahulu.
  • Setelah itu buka aplikasinya dan tunggu proses download selesai.
  • Klik pada opsi Tambahkan aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan.
  • Selanjutnya tap dan tahan hasil aplikasi yang ingin kamu sembunyikan sebelumnya, lalu drag ke menu Create Shortcut.
  • Dengan demikian, pintasan aplikasi sekarang muncul di menu utama.

bagaimana itu bekerja? Jadi, di sini App Hider membuat aplikasi (pintasan) yang terlihat seperti apa yang ingin Anda sembunyikan. Cukup pindahkan aplikasi ke lokasi lain, seperti folder. Jadi, aplikasi lama masih terlihat di sana, meski hanya pintasan dari App Hider.

Jika Anda masih bingung, kami sarankan untuk mencobanya segera. Oh ya, aplikasi ini bisa berjalan di ponsel jika tidak di-root. Kami telah mengujinya sendiri dan hasilnya persis seperti yang kami harapkan.

Penggunaan kamar kedua

Untuk pengguna MIUI versi 9 ke atas, kita bisa menggunakan fitur Second Space. Melalui fitur ini, program-program yang ada otomatis tersembunyi dan kita juga bisa memberikan password. Juga, salah satu cara untuk mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan di ponsel Xiaomi Anda.
  • Pilih ruang menu kedua.
  • Aktifkan fitur Ruang Kedua di sana.
  • Atur program yang ingin Anda buat di ruang kedua.
  • Terakhir, masukkan saja kata sandi jika diperlukan.

Gunakan Sembunyikan Aplikasi

Anda tahu, Anda juga dapat mencoba Sembunyikan Aplikasi. Pada ponsel Xiaomi Redmi Note 9 yang kami gunakan, aplikasi ini dapat berjalan dengan normal dan bisa dikatakan sangat mudah digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi, silahkan install dan ikuti petunjuknya.

Hari demi hari, kebutuhan untuk menyembunyikan aplikasi di ponsel Xiaomi diminta oleh banyak pengguna. Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu caranya. Apalagi mengingat pengaturan di MIUI terkadang tidak tersedia di beberapa tipe handphone (perlu update terlebih dahulu).

Jadi kami berharap langkah-langkah yang kami jelaskan di atas dapat cukup membantu Anda di masa mendatang. Jika ada yang kurang, silahkan tanyakan lebih detail melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada orang-orang yang membutuhkan.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *