April 20, 2024
Home » Ketahui 4 Tokoh Hebat dari Suku Bugis yang Dikenal Dunia

Kehadiran tokoh-tokoh besar suku Bugis sudah tidak bisa diperdebatkan lagi, karena kelahiran mereka erat kaitannya dengan lingkungan sosial dan budaya. Dengan demikian, keragaman suku yang masuk ke Sulawesi Selatan sangat mengesankan.

Ketika masyarakat Indonesia lebih condong ke Proklamator, Bong Karno atau sahabatnya, Muhammad Hatta, tak lupa jasa pengembangan ilmu beberapa orang hebat asal Pulau Sulawesi ini.

Karakter-karakter ini memiliki pemikiran kritis dan filosofis untuk menumbuhkan semangat belajar untuk diwariskan kepada generasi mereka. Itu adalah kepala tombak pertempuran dan pusat pecinta pertempuran di nusantara.

Dalam darahnya selalu ada api semangat sinergis, sehingga sejarah mencatat banyak orang bijak dan jenius lahir di sini. Sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat yang berasal dari Makassar, Pinrang, Pare Pare, Osone dan sekitarnya.

Siapa saja tokoh yang akan dibahas, lalu apa yang membuatnya besar di telinga dan mata warga Indonesia? Inilah empat besar yang berasal dari tanah Bugis atau memiliki keturunan darah dari sana.

Kenali 4 tokoh hebat dan mendunia dari suku Bugis

Mereka tidak hanya dikenal sebagai orang terhormat dari keluarga darah biru, tetapi kebiasaan mereka dalam mengeksplorasi sains dan kehidupan selalu mengutamakan logika. Oleh karena itu, bukan hal yang aneh jika orang-orang yang kritis tetapi berkualitas tinggi dilahirkan.

Faktor lingkungan menjadi alasan utama mereka menjadi seperti ini, seperti buku yang penuh dengan berbagai tulisan dan kemudian memberi cahaya baru. Sejarah memberi tahu kita bahwa ada perdebatan singkat di kalangan akademis yang dimulai lebih awal.

Membahas berbagai hal yang menjadi permasalahan dan mencari solusi terbaik yang menjadi menu keseharian mereka, tak heran jika keempat tokoh top Bugis ini dikenal di seluruh dunia.

  1. Mohammad Siamsi Ali

Pria berusia 50 tahun yang lahir di Bolukumba, Sulawesi Selatan ini adalah imam komunitas terkemuka di Islamic Center New York. Ia juga dipercaya sebagai direktur Muslim Center of Jamaica, sebuah yayasan dan masjid yang terletak di East New York, AS.

Setelah menyelesaikan gelar masternya di Pakistan, ia diundang untuk memberikan konseling agama di KJRI Jeddah, Arab Saudi, dan kemudian dinegosiasikan untuk pindah ke New York. Kini ia tetap aktif menjaga komunikasi antaragama di Amerika Serikat, khususnya di East Coast.

  1. Mohammad Quraisy Shahabi

Namanya tidak asing lagi bagi mantan Menteri Agama Kabinet Pembangunan ke-7 yang terkenal dengan karyanya, Tafsir al-Masbah. Ayah pembawa acara terkemuka, Najwa Shahab, berasal dari keluarga etnis Arab Quraish-Bogi.

Dia bukan satu-satunya ahli Quran dari Indonesia, tetapi modernitasnya dalam karya-karyanya seperti terjemahan dan ceramah sangat mudah dicerna oleh semua umat Islam dan sebagai hasilnya, dia membuatnya terkenal.

Tak heran jika namanya merupakan tokoh besar suku Bugis dan ia masuk dalam daftar 500 Muslim paling berpengaruh di dunia, karena berkat jasa-jasanya ia menciptakan ilmu tentang Islam dan segala bidangnya, yang dengan mudah. berlaku. oleh masyarakat indonesia

  1. Becharuddin Yusuf Habibi

Ia menjabat sebagai presiden ketiga Indonesia, juga merancang N250 Gatot Kaca, pesawat pertama buatan Indonesia. Prestasinya di dunia teknologi mekanik sudah dipupuk sejak kecil.

Selain prestasinya, kisah cinta abadi antara BJ Habibi dan Hesri Ainun Habibi menjadi topik hangat yang selalu diperbincangkan. Semua orang tahu siapa BJ, terutama karena ceritanya difilmkan. Habibi dan perjuangan kerasnya di RWTH Aachen, Jerman.

  1. Riri Reza

Nama Riri Riza kini menjadi salah satu nama Bugis bergengsi yang menghidupkan kembali industri perfilman Indonesia. Jasanya meningkatkan kualitas footage yang ditampilkan dalam acara favorit masyarakat, The Adventures of Shereena, Gay, dan Laskar the Leopard.

Sutradara sudah teruji dan sukses besar, kini Reza mencoba berperan sebagai produser. Dan sebuah film yang masih di garap oleh salah satu tetua suku Bugis adalah Pendekar Kayu Emas.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *