April 20, 2024
Home » Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Ahli,Fungsi, Tujuan DLL.

Pengertian administrasi pendidikan – kali ini kita akan membahas tentang administrasi sekolah untuk selengkapnya , yuk simak baik-baik artikel berikut ini

Contents

Pengertian Administrasi Pendidikan Menurut Para Ahli

1. Dr. M. Ngalim Purwanto

menyatakan bahwa administrasi pendidikan adalah suatu proses keterpaduan atau perpaduan tujuan pendidikan secara personal, spiritual dan material.

2. Depdiknas RI

Menurut Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, administrasi pendidikan adalah keseluruhan proses kegiatan bersama di bidang pendidikan, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, koordinasi, pemantauan, pembiayaan, dan pelaporan dengan menggunakan dana yang tersedia, sebagai pribadi, material dan spiritual untuk mencapai tujuan pendidikan secara umum efisien dan efektif.

3. Hadari Nawawi

Menurut Hadari Nawawi, administrasi pendidikan adalah serangkaian tindakan atau keseluruhan proses pengendalian usaha bersama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan, yang diselenggarakan secara sistematis dalam suatu lingkungan tertentu, terutama di lembaga pendidikan formal.

4. Knezevich

administrasi pendidikan adalah proses penciptaan, isi, stimulasi, dan penyatuan personel dalam suatu lembaga pendidikan untuk terwujudnya tujuan yang telah ditentukan.

5. Oteng Sutisna

Dikatakan bahwa administrasi pendidikan adalah upaya untuk mengkoordinasikan kegiatan orang dan kelompok yang saling bergantung dalam mencapai tujuan bersama membesarkan anak.

6. Kemdikbud RI

Administrasi pendidikan sebagai suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan, meliputi kepemimpinan, perencanaan, koordinasi, pembiayaan, pelaporan, pengendalian dalam rangka cakupan pendidikan.

Unsur dan Tujuan Administrasi Pendidikan

Menurut Sondang P. Siagyan, beberapa unsur yang harus ada dalam pengelolaan pendidikan, seperti mempekerjakan lebih dari dua orang, serta melengkapinya dengan peralatan dan bahan habis pakai.

Menurut The Liang Gie, unsur administrasi berbeda lagi, yang meliputi keberadaan organisasi, manajemen, komunikasi, keuangan, suplai, sumber daya manusia, administrasi dan hubungan masyarakat atau public relations. Kedelapan elemen ini harus ada di lembaga pendidikan, mulai dari lembaga pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Tujuan manajemen, menurut Sergiovanie dan Carver, terlihat pada empat tujuan utama yang ditekankan dalam dunia pendidikan, yaitu menjamin efisiensi produksi, efektifitas, kemampuan beradaptasi, dan kepuasan kerja.

Selain keempat tujuan tersebut, tujuan lain Administrasi pendidikan adalah tercapainya keluwesan dalam proses Administrasi pendidikan, efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan Administrasi pendidikan, serta terwujudnya kedisiplinan Administrasi pendidikan dan keberlangsungan pendidikan sepanjang hayat. , dipandu oleh linearitas ilmiah.

Fungsi Administrasi Pendidikan

pengertian . prinsip . tujuan serta ruang lingkup administrasi pendidikan - ruangbelajar

 

Perencanaan.

Perencanaan dalam administrasi pendidikan menyangkut apa yang akan dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Organisasi

Organisasi adalah kegiatan menyusun dan membangun hubungan kerja antara orang-orang. Dengan demikian, kesatuan upaya dalam mencapai tujuan dan sasaran manajemen pendidikan dapat terwujud.

Koordinasi

Koordinasi adalah upaya untuk menghindari kebingungan dalam tindakan. Dengan kata lain, koordinasi adalah suatu kegiatan yang akan membawa orang, bahan, gagasan, metode, dan tujuan ke dalam suatu hubungan yang harmonis dan produktif.

Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam pelaksanaan program pendidikan. Tindakan komunikatif ini meliputi penyebaran dan transmisi ide dan niat baik dalam bentuk tertulis maupun lisan.

Supervisi

Dalam melaksanakan program pendidikan tentunya harus dibarengi dengan pengendalian, proses monitoring program pendidikan harus dilakukan secara cermat agar tujuan pendidikan dapat tercapai.

Kepegawaian

Fungsi SDM diluncurkan, dimulai dari proses perencanaan dan pengorganisasian. Pada saat yang sama, administrasi pendidikan mencari mereka yang dipilih untuk jabatan tertentu, yaitu mereka yang memiliki keterampilan dan kemampuan sesuai dengan jabatan itu.

Tugas Administrasi Pendidikan

  • Bertujuan menjadikan pendidikan tampak formal dengan mengartikulasikan, menyimpulkan, menggambarkan dan menetapkan tujuan pendidikan yang ingin dicapai sesuai dengan
  • lembaga atau organisasi pendidikan formal yang bersangkutan.
  • Mensosialisasikan dan berusaha menanamkan tujuan pendidikan pada anggota lembaga sehingga tujuan pendidikan tersebut menjadi kebutuhan dan motivasi para anggota lembaga.
  • Memilih, menggambarkan dan mendefinisikan proses dalam bentuk kegiatan, tindakan dan pola kerja yang menghitung dan memberikan hasil yang memenuhi tujuan.
  • Mengontrol pelaksanaan proses pendidikan dan lainnya dengan memantau, memverifikasi dan mengendalikan setiap aktivitas dan aktivitas di setiap proses sistem. Upaya ini sering
  • dikaitkan dengan pengawasan integral atau kontrol kualitas pendidikan.
  • Evaluasi hasil yang dicapai dan proses yang telah dilaksanakan atau telah dilaksanakan, mencari informasi tentang hasil dan proses yang dapat dijadikan umpan balik yang mampu
  • memperbaiki proses dan hasil selanjutnya.

Prinsip Administrasi Pendidikan

Prinsip Efisiensi

Seorang administrator profesional harus dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mengelola kegiatan administrasi dan berbiaya tinggi. Pemborosan uang dan pemborosan waktu menunjukkan pengelolaan administrasi yang buruk, sehingga akan mempengaruhi dan merugikan kepentingan internal lembaga maupun kepentingan eksternal yang dilayaninya.

Prinsip Pengelolaan

Administrator adalah manajer yang bekerja dengan langkah-langkah manajemen yang baik, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Dengan demikian, tujuan yang diinginkan mudah dicapai dengan cara yang tepat. Perencanaan yang dilaksanakan difokuskan pada visi dan misi yang jelas, sehingga program yang direncanakan disusun secara hierarkis atau sistematis dan diprioritaskan pada skala prioritas, serta menyusun dan merencanakan program jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

Prinsip Pengutamaan Tugas Pengelolaan

Administrator memiliki tanggung jawab dan mandat untuk memprioritaskan tanggung jawab mereka. Tugas dilakukan sesuai dengan pemberitahuan sponsor, dan sesuai dengan skala prioritas. Jika prinsip ini dilanggar, maka prinsip efisiensi akan diabaikan bahkan menimbulkan kerugian. Pelaksanaan di luar tanggung jawab pengurus hanya akan melilitkan semua tugas administrasi, sehingga tugas manajemen tidak terkontrol dengan baik dan benar.

Prinsip Kerjasama

Pengembangan kerjasama dilakukan secara sinergis, profesional, proporsional. Administrator mengerti jenis pekerjaan yang diembankan, mengerti apa yang dikerjakan sebagai tugas dan keahliannya. Untuk mencapai kinerja yang sinergis, dilakukan pembagian tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang disesuaikan dengan pengalaman, bakat, minat, pengetahuan dan kepribadian setiap orang yang diperlukan dalam menjalankan tugas tersebut.

Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

beberapa bidang penting yang termasuk di dalam ruang lingkup administrasi pendidikan, diantaranya:

Administrasi Sekolah

  • Organisasi dan struktur staf administrasi
  • Anggaran keuangan sekolah
  • Jadwal staf sekolah dan masalah personalia
  • Keuangan dan akuntansi
  • Korespondensi
  • Masalah dengan janji, terjemahan, pekerjaan, laporan, mengisi buku kerja, laporan kinerja, dll.

Personalia Murid

  • Organisasi kemahasiswaan
  • Masalah kesehatan siswa
  • Penilaian keberhasilan siswa
  • Masalah kesejahteraan siswa
  • Bimbingan dan Konseling bagi siswa

Personalia Guru

  • Penugasan dan penempatan guru
  • organisasi guru
  • Masalah personel
  • Masalah status dan penilaian kemajuan guru
  • Memperbarui dan meningkatkan kualifikasi guru

Lingkup pengawasan (supervisi)

  • Upaya peningkatan moral guru dan tenaga administrasi.
  • Mengupayakan dan mengembangkan kerjasama yang baik antara guru, siswa dan staf administrasi sekolah.
  • Teliti dan buat pedoman tentang cara menilai hasil pendidikan dan pengajaran.
  • Upaya peningkatan kualitas dan pengalaman guru.

Bidang Pelaksanaan dan Pembinaan Kurikulum

  • Mengarahkan dan melaksanakan program sekolah, mengupayakan tercapainya landasan dan tujuan pendidikan dan pelatihan.
  • Menyelenggarakan penyelenggaraan program pendidikan dan metodenya sesuai dengan pembaharuan pendidikan dan lingkungan sosial.

Demikianlah tentang penjelasan pengertian administrasi pendidikan, semoga dapat menambah wawasan anda semua. Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

Baca Juga: Fungsi,Pengertian,Karakteristik, Peranan Hotel.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *