April 19, 2024
Home » Pengertian Benchmarking: Manfaat Dan Tujuan.

Contoh benchmarking – Sebagian besar dari Anda mungkin banyak yang belum mengerti tentang apa itu benchmarking bila mendengar atau membaca istilah tersebut. Simak baik baik berikut ini

Contents

Pengertian Benchmarking

Benchmarking adalah proses pengukuran kinerja perusahaan/organisasi terhadap proses operasi terbaik di kelasnya sebagai sumber inspirasi untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi. Selain itu benchmarking juga dikenal dengan Arc Stream yang dapat mengarahkan perusahaan/organisasi untuk mempersiapkan dasar dalam membangun rencana operasional perusahaan berdasarkan best practice dan merekomendasikan perbaikan untuk seluruh komponen lingkungan perusahaan/organisasi.

Benchmarking dapat didefinisikan sebagai metode sistematis untuk mengidentifikasi, memahami, dan secara kreatif mengembangkan proses, produk, dan layanan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Adapun tujuan yang paling utama dari melakukan benchmarking adalah demi meningkatkan nilai lebih perusahaan dengan cara memperbaiki performa usaha, meningkatkan produktivitas, memperbaiki kualitas produk dan pelayanan, serta hal lainnya dengan memanfaatkan performa dari kompetitor lain yang dianggap lebih baik.

contoh benchmarking

 

4 Manfaat Benchmarking Bagi Bisnis

Menganalisis kompetisi

Persaingan dalam dunia bisnis biasanya berbeda satu sama lain. Dengan panduan yang tepat, Anda bisa melihat betapa kompetitifnya dunia bisnis. Anda dapat mempelajari apa yang perlu Anda lakukan untuk menghadapi persaingan.

Menjaga performa

Jika Anda tahu apa persaingannya dan apa nilai perusahaan yang Anda jalankan, Anda tentu tidak bisa bertindak seenaknya. Setidaknya pertahankan kinerja yang baik agar produk dan layanan Anda tetap menjadi andalan pelanggan dan tidak mengalami penurunan.

Melakukan perbaikan

Dari benchmarking, Anda akan tahu jika ada masalah di satu atau lebih sektor, dan Anda bisa segera memperbaiki masalah tersebut. Selain itu, benchmarking juga merangsang lahirnya inovasi. Untuk memudahkan melacak dan memperbaiki masalah yang ada, Anda memerlukan sistem manajemen perbaikan terbaik Hashmicro untuk membantu Anda menyusun laporan lengkap tentang proses perbaikan yang telah dilakukan perusahaan Anda untuk analisis sistem dalam grafik yang mudah dibaca.

Memaksimalkan apa yang perusahaan miliki

Apa yang dimiliki perusahaan akan dimaksimalkan agar visi dan misi dapat tercapai. Benchmarking akan membuat Anda tetap di jalur dan di jalur yang benar sehingga Anda tidak terus melakukan kesalahan yang akan merugikan perusahaan Anda.

Benchmarking: Arti, Manfaat dan Cara Melakukannya untuk Bisnis

 

Baca Juga: 5 Kenampakan Alam Singapura Yang Perlu Kamu Ketahui.

Contoh Kasus Benchmarking

 

 

Berikut ini terdapat beberapa contoh benchmarking:

Bechmarking Samsung terhadap produk Apple (Iphone 4)

Pada tahun 2013, Samsung merilis produk baru yaitu Samsung Galaxy ace. Namun, ada masalah pelanggaran paten dengan Samsung karena produk tersebut dianggap plagiat dari produk Apple yaitu Iphone 4 karena ada kesamaan dalam hal manfaat dan fitur tetapi dengan harga yang lebih terjangkau. IPhone 4 dirilis sebelum Samsung Galaxy Ace, karena pelanggaran paten pengadilan tidak memutuskan bahwa itu sepenuhnya dilanggar oleh Samsung. Beberapa hal yang tidak dianggap pelanggaran hak cipta antara lain bagian desain yang sangat berbeda. Banyak juga yang mengatakan bahwa Samsung menjiplak produk Apple.

Karena Samsung terbukti telah melanggar hak paten dan meniru iPhone. Di sini Anda bisa melihat bahwa Samsung sedang melakukan benchmarking (pembandingan produk) di iPhone. Jadi keuntungannya adalah Samsung bisa lebih menguasai pasar karena memiliki harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat luas.

Kerugiannya terhadap iphone telah menyempit, dan Samsung mungkin melampauinya Harga dan kompleksitas. Mereka benar-benar bekerja sama pada LCD Samsung, memori flash, dan prosesor, dan Apple adalah pelanggan terbesar Samsung. Beberapa iPad dan iPhone penting dari Samsung.

Bechmarking Ford

Ford Taurus yang sangat sukses, diperkenalkan sejak awal 1980-an, juga merupakan hasil benchmarking. Ford pertama kali mengidentifikasi 400 fitur yang dianggap paling penting bagi pembeli mobil di Amerika Serikat, kemudian mengidentifikasi mobil pesaing terutama mobil Jepang yang memiliki fitur tersebut, dan akhirnya menciptakan mobil yang menggabungkan fitur tersebut dengan harga . Keunggulan kompetitif karena meniru metode produksi para pesaingnya.

Benchmarking yang dilakukan Honda (Beat) terhadap Yamaha (Mio)

Yamaha mio merupakan pionir sepeda motor bertransmisi matik di Indonesia yang awalnya ditujukan untuk kaum hawa. Sebagai produk yang banyak peminatnya dan peminatnya sangat tinggi, tak lama kemudian Honda melakukan benchmarking dan kemudian meluncurkan Honda Beat dengan tipe yang sama namun dengan keunggulan yang berbeda. Sejauh ini Honda Beat mampu bersaing dengan penjualan Yamaha Mio.

Setelah penjelasan lengkap yang diberikan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa benchmarking adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi, mengukur dan membandingkan kinerja seseorang, unit kerja, departemen atau organisasi tertentu. Semoga bisa menambah pengetahuan anda semua , Terimakasih yang sudah baca artikel ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *