Pengertian Cermin Datar, Sejarah, Sifat Dan Manfaat

Pengertian Cermin Datar, Sejarah, Sifat Dan Manfaat

Pengertian Cermin datar – Bagi sebagian orang, terutama wanita, cermin adalah teman sehari-hari. Hal ini dikarenakan cermin sering digunakan sebagai alat untuk menata penampilan baik dari segi riasan maupun pakaian sebelum beraktivitas. Lalu apa yang dimaksud dengan cermin?

Secara sederhana, pengertian cermin adalah suatu benda yang dapat menghasilkan bayangan. Selain itu dapat juga diartikan sebagai suatu benda yang memiliki permukaan datar dan dapat memantulkan bayangan dengan sempurna.

Pada dasarnya, berdasarkan bentuk permukaannya, ada tiga jenis cermin yang dapat kita temukan di lingkungan kita sehari-hari, antara lain cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

Contents

Pengertian Cermin Datar

Cermin datar adalah cermin yang memiliki permukaan datar, dimana salah satu permukaannya dilapisi dengan logam reflektif, sehingga permukaan cermin datar dapat memantulkan lebih dari 95% cahaya yang mengenainya. Jika Anda menyorotkan senter pada permukaan cermin datar, cermin datar memantulkan senter sehingga mata Anda menjadi buta jika senter yang dipantulkan oleh cermin datar mengenai mata Anda.

Sebaliknya, jika Anda berdiri di depan cermin datar pada siang hari, wajah Anda memantulkan sinar matahari ke permukaan cermin datar dan pada saat yang sama cermin datar memantulkan cahaya kembali kepada Anda. Ketika Anda berdiri di depan cermin datar di malam hari, wajah Anda memantulkan cahaya lampu listrik ke permukaan cermin datar, dan pada saat yang sama cermin datar memantulkan cahaya lampu listrik kembali kepada Anda.

Sejarah Cermin

Cermin paling awal terbuat dari pecahan batu mengkilap seperti obsidian, kaca vulkanik alami.

obsidian ditemukan di Anatolia (sekarang Turki), bertanggal sekitar 6000 SM. Cermin batu mengkilap dari Amerika Tengah dan Selatan berasal dari sekitar 2000 SM.

tembaga yang dipoles dibuat di Mesopotamia pada 4000 SM. dan di Mesir kuno pada 3000 SM.[2] Di Cina, cermin perunggu diproduksi pada tahun 2000 SM.

kaca berlapis logam ditemukan di Sidon (sekarang Lebanon) pada abad ke-1 M, dan cermin kaca berlapis emas disebutkan oleh seorang penulis Romawi bernama Pliny dalam Natural History-nya, yang ditulis sekitar tahun 77 M. teknik memproduksi cermin mentah dari kaca tiup yang dilapisi dengan timah cair.

Sifat cermin datar

Ada sifat-sifat cermin datar bila terkena seberkas cahaya sebagai berikut:

  • Bayangan pada objek akan tampak lurus dan salah.
  • Bayangan palsu adalah bayangan yang dapat dilihat di cermin, tetapi di mana bayangan tidak dipantulkan ditemukan cahaya.
  • Pada gambar, ukuran dan tinggi sama dengan ukuran dan tinggi benda sebenarnya.
  • Jarak bayangan benda sama dengan jarak benda ke cermin.
  • Di sebelah kanan bayangan ada di sebelah kiri benda nyata dan sebaliknya.

Manfaat cermin datar

Dalam aktivitas sehari-hari, manfaat cermin datar tidak lepas dari kehidupan manusia sebagai berikut:

  • Perambatan cahaya langsung.
  • Refleksi gambar virtual.
  • Digunakan dalam pembuatan prisma.
  • Teropong dengan prisma.
  • Digunakan dalam generator surya.
  • Pemanas air tenaga surya.

Demikianlah pengertian cermin datar semoga bermanfaat buat kalian semua. Jangan bosan mampir ke apapunada.id sekian terimakasih.

Baca Juga: Film Kartun Muslim Buat Si Kecil Di Rumah

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *