April 19, 2024
Home » Tips Bekerja Efektif dan Efisien dari Rumah

Tips bekerja efektif dan efisien dari rumah – Mungkin Anda yang sudah bertahun-tahun bekerja sebagai pekerja kantoran, berangkat pagi-pagi sekali dan pulang sore hari merasa perlu mengubah kemudi untuk memulai bisnis dari rumah.

Bekerja dari rumah merupakan suatu bentuk yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Namun untuk bisa tetap seefisien saat bekerja di kantor bukanlah tugas yang mudah. Jadi apa rahasia untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah?

Berikut adalah beberapa tips untuk bekerja efektif dan efisien di rumah

  • Tentukan ruang kerja dengan jelas

Bekerja dari rumah memberi Anda keuntungan karena dapat dengan bebas memilih tempat untuk melakukan pekerjaan Anda. Namun, Anda juga mudah teralihkan perhatiannya ketika tempat tidur empuk atau sofa yang nyaman mengundang Anda untuk berbaring dan bersantai dengan kesenangan lain. Oleh karena itu, hal terpenting saat bekerja dari rumah adalah menentukan dengan jelas ruang tempat Anda akan bekerja dengan serius setiap hari.

Pilih tempat yang memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan komputer dan alat lain seperti pulpen, notebook, dll. Untuk melayani pekerjaan Anda, ruangan yang Anda pilih harus memiliki cukup cahaya dan ventilasi, hindari rasa sempit dan sesak saat bekerja dari rumah. Selain itu, Anda juga bisa mendekorasi bingkai foto atau pot tanaman kecil untuk menambah inspirasi, mirip dengan cara Anda mendekorasi ruang kerja di kantor.

Dengan cara ini, Anda membantu tubuh Anda mengingat bahwa ini adalah ruang kerja, membantu Anda menghindari aktivitas yang mengganggu dan menjadi lebih produktif.

  • Pertahankan jadwal yang sama seperti saat Anda bekerja di kantor

Bekerja dari rumah menghemat waktu Anda untuk bersiap dan berangkat kerja. Oleh karena itu, bangun kesiangan dan terkadang tidak sarapan adalah salah satu perilaku yang paling mungkin terjadi saat bekerja dari rumah. Namun, ini adalah praktik yang tidak sehat dan menyebabkan tubuh Anda secara tidak sadar terbiasa dengan kecepatan ini, yang berujung pada penurunan produktivitas kerja.

Sebaliknya, tetaplah pada jadwal yang sama seperti saat Anda bekerja, seperti bangun tepat waktu, sarapan pagi, dll. Ini juga merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk memasukkan beberapa kebiasaan baik ke dalam jadwal Anda, seperti berolahraga, minum air yang cukup, atau membuat daftar tugas harian. Dengan begitu, saat Anda kembali ke kantor, Anda tidak akan kesulitan menyesuaikan diri dengan kecepatan yang sama seperti sebelumnya.

Saat bekerja di kantor, ada tugas yang membuat Anda terus bergerak, seperti mengumpulkan dokumen, menandatangani dokumen, rapat, atau makan siang bersama rekan kerja. Namun, saat Anda bekerja dari rumah, ada sedikit alasan untuk pindah. Duduk berjam-jam di meja tidak baik untuk kesehatan dan mudah menyebabkan rasa sakit dan kelelahan pada tubuh dan pikiran.

Jadi, biasakan untuk aktif setelah duduk selama satu atau dua jam di tempat kerja. Anda dapat memilih dari latihan peregangan di tempat, atau bergerak di sekitar rumah, melakukan pekerjaan rumah untuk menggerakkan tubuh dan menenangkan pikiran. Dengan begitu, saat Anda kembali bekerja, Anda akan merasa segar kembali dan performa kerja Anda akan meningkat.

  • Tentukan dengan jelas saluran komunikasi bisnis

Bekerja dari rumah berarti Anda tidak dapat bertemu langsung dengan atasan dan rekan kerja untuk mendiskusikan pekerjaan dengan nyaman. Jika sebelumnya Anda hanya perlu berjalan beberapa langkah untuk berkonsultasi dengan atasan Anda mengenai proyek yang sedang Anda kerjakan atau memalingkan muka untuk mendengar saran dari rekan kerja mengenai produk yang sedang Anda kerjakan, kini semua itu harus dilakukan dari jarak jauh melalui sebuah program dan middleware.

Meskipun memakan waktu tidak dapat dihindari, Anda tetap dapat memaksimalkan produktivitas Anda dengan secara jelas mengidentifikasi saluran komunikasi yang tepat untuk membahas topik tertentu. Untuk masalah penting yang memerlukan pengawasan dan umpan balik, persiapkan kekhawatiran Anda sebelumnya dan sampaikan dalam rapat online satu hingga dua jam.

Untuk informasi atau dokumen penting yang memerlukan persetujuan, gunakan email dan jangan lupa untuk menyatakan tujuan email ini dengan jelas dan ringkas agar penerima dapat memahami permintaan Anda tanpa membuang waktu, jika tidak. Ini mutlak diperlukan

Program obrolan reguler hanya boleh digunakan untuk bertukar beberapa hal yang tidak terlalu penting dan memerlukan tanggapan cepat dan tidak boleh Anda gunakan sebagai saluran bisnis resmi. Itu karena program-program ini sering kekurangan nilai penyimpanan jangka panjang, dan sulit menemukan informasi saat Anda membutuhkannya.

Pusat Informasi Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *