April 19, 2024
Home » Ini Alasan TikTok Hapus 113 Juta Video dalam 3 Bulan
hapus video tiktok

TikTok hapus video 113 juta lebih video dari platformnya pada April – Juni lalu. Video-video ini di hapus karena di anggap melanggar kebijakan platform TikTok. Menurut laporan triwulan perusahaan, 44 persen video yang di hapus itu diukur melanggar kebijakan keamanan TikTok. Adapun video lainnya di hapus karena ini di kelompokkan termasuk golongan ilegal sampai konten vulgar.

Ratusan juga video itu dihapus secara manual dengan melibatkan pantauan dari petugas terkait dan secara otomatis memakai alat penyaring konten.

“Memanfaatkan machine learning sungguh-sungguh berimbas dalam hal memerangi misinformasi yang berbahaya,” kata pihak TikTok dalam laporannya.

“Kami memperluas kapasitas untuk menyaring konten pada metode kami, mengingat sifat misinformasi yang berubah dengan kencang, terlebih selama krisis atau momen tertentu (seperti perang di Ukraina atau pemilu),” lanjut pihak TikTok.

Baca Juga: Cek Besaran Tarif BPJS Kesehatan Terbaru tahun 2022

Semenjak awal tahun ini, TikTok sedang berjuang memerangi penyebaran konten palsu dan misinformasi berhubungan perang Rusia – Ukraina. Perusahaan langsung memblokir video dari Rusia dan memasang label khusus pada media yang di dorong pemerintah Rusia. Adapun pada jangka waktu ini, TikTok mengeklaim ada lebih banyak video yang di hapus otomatis oleh sistem TikTok, merupakan sekitar 48 juta video. Hampir 96 persen video yang di hapus pada April – Juni malah di tarik dari platform sebelum pengguna laporkan.

Video yang Dihapus Mewakili 1 Persen dari Total Video di Tiktok

Berdasarkan pernyataan TikTok, keseluruhan video yang di hapus itu mewakili 1 persen dari total video yang di unggah ke platformnya selama jangka waktu itu. Namun jika di bandingkan dengan triwulan pertama 2022, jumlah itu terbilang agak meningkat dari sebelumnya 102 juta video pada Januari – Maret.

Dalam persiapan untuk pemilihan paruh waktu Amerika Serikat (AS) pada November, TikTok mengumumkan pekan lalu akan melarang semua penggalangan dana politik. Dan mewajibkan akun pemerintah, politisi, dan partai politik untuk mengajukan verifikasi di platform. Pengumuman ini merupakan bagian dari upaya yang lebih besar oleh TikTok untuk mengatur misinformasi pemilu dan iklan politik.

Selain menghapus video yang Tiktok evaluasi melanggar kebijakan perusahaan, TikTok juga menghapus akun pengguna yang di kelompokkan sebagai akun palsu. Akun yang kami anggap di gunakan oleh pengguna di bawah batas minimal usia yang berlaku, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *